Kennedy, Hasibuan Richad (2019) Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Disiplin Belajar Dengan Hasil Belajar PDTM Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan Di SMK N 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5123321029 COVER.pdf
Download (127kB)
2. NIM. 5123321029 APPROLAL SHEET.pdf
Download (722kB)
3. NIM. 5123321029 ABSTRACT.pdf
Download (201kB)
4. NIM. 5123321029 PREFACE.pdf
Download (188kB)
5. NIM. 5123321029 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (175kB)
6. NIM. 5123321029 LIST OF TABLES.pdf
Download (115kB)
7. NIM. 5123321029 LIST OF FIGURES.pdf
Download (113kB)
8. NIM. 5123321029 LIST OF APPENDICES.pdf
Download (143kB)
9. NIM. 5123321029 CHAPTER I.pdf
Download (315kB)
10. NIM. 5123321029 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (781kB)
11. NIM. 5123321029 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (681kB)
12. NIM. 5123321029 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (765kB)
13. NIM. 5123321029 CHAPTER V.pdf
Download (143kB)
14. NIM. 5123321029 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (214kB)
15. NIM. 5123321029 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya Hubungan Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar secara bersama-sama dengan Hasil Belajar PDTM siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2018/2019. Metode penelitian bersifat deskriptif kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas X kompetensi keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam berjumlah 65 orang. Dalam hal ini, sampel penelitian adalah 56 orang siswa kelas X yang ditentukan dengan metode proporsional random sampling atau tabel kriejec morgan. Data penelitian ini dikumpulkan dengan angket dan Dokumentasi, dimana data penelitian yang dijaring dengan angket adalah variabel Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar Siwa. Sedangkan untuk variabel Hasil Belajar Mata Pelajaran PDTM dijaring dengan menggunakan dokumentasi . Jumlah instrumen angket Motivasi Belajar sebanyak 30 soal dan 25 soal yang valid dengan reliabilitas 0,892 tergolong sangat tinggi. Sedangkan jumlah instrumen angket Disiplin Belajar Siswa sebanyak 30 soal dan 24 soal yang valid dengan reliabilitas 0,894 dan tergolong sangat tinggi. Sedangkan jumlah instrumen tes hasil belajar mata pelajaran PDTM menggunakan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil analisis regresi sebagai berikut : Fh = 19,43 harga Ft = 3,16 pada taraf kesalahan 5%, sehingga Fh > Ft (19,43 ≥ 3,16). Bahwa persamaan regresi Y = 2,3 + 0,686 X1 + 0, 28 X2 dapat dipertanggungjawabkan untuk menarik kesimpulan mengenai hubungan antara Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar Siswa secara bersama-sama terhadap Hasil Belajar PDTM. Dengan demikian hipotesis terdapat hubungan yang positif dan berarti antara Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar Siswa secara bersama-sama terhadap Hasil Belajar PDTM dari siswa Kelas X SMK N 1 Medan dapat diterima sebesar r = 0,613, menggunakan rumus product moment pada taraf kesalahan 5%.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Motivasi Belajar; Disiplin Belajar; Hasil Belajar |
| Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 02 Dec 2025 04:06 |
| Last Modified: | 02 Dec 2025 04:06 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65646 |
