Arifin, Syahrul (2019) Kemampuan Membaca Gambar Teknik Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Teknik Pemesinan Bubut Pada Siswa Kelas XI Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Tebing Tinggi Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5141121031 COVER.pdf
Download (41kB)
2. NIM 5141121031 ABSTRACT.pdf
Download (204kB)
3. NIM 5141121031 APPROVAL SHEET.pdf
Download (660kB)
4. NIM 5141121031 PREFACE.pdf
Download (264kB)
5. NIM 5141121031 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (276kB)
6. NIM 5141121031 LIST OF TABLE.pdf
Download (66kB)
7. NIM 5141121031 LIST OF ILLUSTRATION.pdf
Download (35kB)
8. NIM 5141121031 LIST OF APPENDICES.pdf
Download (73kB)
9. NIM 5141121031 CHAPTER I.pdf
Download (727kB)
10. NIM 5141121031 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
11. NIM 5141121031 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
12. NIM 5141121031 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
13. NIM 5141121031 CHAPTER V.pdf
Download (217kB)
14. NIM 5141121031 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (355kB)
15. NIM 5141121031 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Dalam usaha untuk meningkatkan kualitas pembelejaran telah berbagai upaya dilakukan tetapi masih saja hasil belajar siswa rendah. Salah satu contoh pada hasil belajar tenik pemesinan bubut siswa yang masih rendah. Oleh sebab itu, penulis ingin mengungkapkan bagaimana hasil belajar teknik pemesinan bubut pada siswa SMK Negeri 2 Tebing Tinggi. Tujuan dari penelitian ini dilakukan untuk mengetahui, yaitu; (1) besarnya hubungan kemampuan membaca gambar teknik dengan hasil belajar teknik pemesinan bubut. (2) untuk mengetahui besarnya hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar teknik pemesinan bubut. (3) untuk mengetahui besarnya hubungan kemampuan membaca gambar teknik dan motivasi belajar dengan hasil belajar teknik pemesinan bubut. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas XI teknik pemesinan SMK Negeri 2 Tebing Tinggi yang berjumlah 31 orang. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif korelasional, data dianalisis menggunakan rumus korelasi product moment pearson, dan regresi liniear ganda. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang positif dan berarti antara kemampuan membaca gambar teknik terhadap hasil belajar teknik pemesinan bubut dengan nilai rhitung>rtabel yaitu 0,690 > 0,355 dengan signifikansi alpha lebih kecil 0,05. (2) terdapat hubungan yang positif dan berarti antara motivasi belajar dengan hasil belajar teknik pemesinan bubut dengan nilai rhitung> rtabelyaitu 0,599 > 0,355 dengan signifikansi alpha lebih kecil 0,05. (3) terdapat hubungan yang positif dan berarti antara kemampuan membaca gambar teknik dan motivsi belajar dengan hasil belajar teknik pemesinan bubut dengan nilai keberartian korelasi ganda Fhitung> Ftabelyaitu 23,888 > 4,183 dengan signifikansi alpha lebih kecil 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca gambar teknik dan motivasi belajar dengan hasil belajar teknik pemesinan bubut mempunyai hubungan yang positif dan berarti. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi kemampuan membaca gambar teknik siswa dan motivasi belajar, maka semakin tinggi pula hasil belajar teknik pemesinan bubut siswa.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Kemampuan Membaca Gambar Teknik; Motivasi Belajar; Teknik Pemesinan Bubut |
| Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 02 Dec 2025 03:51 |
| Last Modified: | 02 Dec 2025 03:51 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65644 |
