Sinambela, Hasrul (2019) Perbedaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Pengelasan ( Tp ) Mata Pelajaran Menggambar Teknik Pada Smk Negeri 2 Binjai T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5143122012 COVER.pdf.pdf
Download (48kB)
2. NIM. 5143122012 APPROVAL SHEET.pdf.pdf
Download (478kB)
3. NIM. 5143122012 ABSTRACT.pdf.pdf
Download (85kB)
4. NIM. 5143122012 PREFACE.pdf.pdf
Download (177kB)
5. NIM. 5143122012 TABEL OF CONTENT.pdf.pdf
Download (213kB)
6. NIM. 5143122012 TABLES.pdf.pdf
Download (178kB)
7. NIM. 5143122012 ILLUSTRATION.pdf.pdf
Download (168kB)
8. NIM. 5143122012 APPENDICES.pdf.pdf
Download (209kB)
9. NIM. 5143122012 CHAPTER I.pdf.pdf
Download (260kB)
10. NIM. 5143122012 CHAPTER II.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (712kB)
11. NIM. 5143122012 CHAPTER III.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (505kB)
12. NIM. 5143122012 CHAPTER IV.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (342kB)
13. NIM. 5143122012 CHAPTER V.pdf.pdf
Download (60kB)
14. NIM. 5143122012 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf
Download (208kB)
15. NIM. 5143122012 ENCLOSURE.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggambar teknik yang diajarkan dengan model pembelajaran problem based learning dengan model pembelajar tutor sebaya pada materi pokok proyeksi orthogonal kelas X TP semester II SMK N 2 Binjai. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster dengan mengambil dua kelas yaitu kelas X TP 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlan 30 orang dan kelas X TP 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 orang. Instrument yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yang berbentuk pilihan berganda dengan jumlah 30 soal. Pada kelas eksperimen dilakukan pembelajaran dengan model problem based learning sedangkan pada kelas kontrol menerapkan pembelajaran tutor sebaya kemudian di berikan postes pada masing-masing kelas.Berdasarkanhasil analisis data postes di peroleh hasil belajar menggambar teknik pada kelas eksperimen memiliki nilai rata rata = 77,83 dan nilai rata-rata kelas kontrol = 66,5 thitung = 4,60 dan ttabel = 1,76 dengan kriteria thitung > ttabel (4,60 > 1,76) yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima atau dengan kata lain bahwa hasil belajar menggambar teknik yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar menggambar teknik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Tutor Sebaya kelas X TP I dan kelas X TP 2 di SMK N 2 Binjai.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Model pembelajaran Problem Based Learning; Tutor Sebaya; hasil belajar menggambar teknik |
| Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T351 Mechanical drawing. Engineering graphics |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 02 Dec 2025 03:02 |
| Last Modified: | 02 Dec 2025 03:02 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65640 |
