Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Untuk meningkatkan Hasil Belajar Membuat Pola Lengan Raglan Siswa Kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Stabat

Sinaga, Kiki Eka (2019) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Untuk meningkatkan Hasil Belajar Membuat Pola Lengan Raglan Siswa Kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Stabat. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5123141015 COVER.pdf] Text
1. NIM. 5123141015 COVER.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of 2. NIM. 5123141015 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM. 5123141015 APPROVAL SHEET.pdf

Download (257kB)
[thumbnail of 3. NIM. 5123141015 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM. 5123141015 ABSTRACT.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of 4. NIM. 5123141015 PREFACE.pdf] Text
4. NIM. 5123141015 PREFACE.pdf

Download (243kB)
[thumbnail of 5. NIM. 5123141015 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM. 5123141015 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of 6. NIM. 5123141015 TABLES.pdf] Text
6. NIM. 5123141015 TABLES.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of 7. NIM. 5123141015 LIST OF BAGAN.pdf] Text
7. NIM. 5123141015 LIST OF BAGAN.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 8. NIM. 5123141015 ILLUSTRATION.pdf] Text
8. NIM. 5123141015 ILLUSTRATION.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 9. NIM. 5123141015 LIST OF GRAPHIC.pdf] Text
9. NIM. 5123141015 LIST OF GRAPHIC.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 10. NIM. 5123141015 APPENDICES.pdf] Text
10. NIM. 5123141015 APPENDICES.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of 11. NIM. 5123141015 CHAPTER I.pdf] Text
11. NIM. 5123141015 CHAPTER I.pdf

Download (460kB)
[thumbnail of 12. NIM. 5123141015 CHAPTER II.pdf] Text
12. NIM. 5123141015 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 13. NIM. 5123141015 CHAPTER III.pdf] Text
13. NIM. 5123141015 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (557kB)
[thumbnail of 14. NIM. 5123141015 CHAPTER IV.pdf] Text
14. NIM. 5123141015 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (604kB)
[thumbnail of 15. NIM. 5123141015 CHAPTER V.pdf] Text
15. NIM. 5123141015 CHAPTER V.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of 16. NIM. 5123141015 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
16. NIM. 5123141015 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of 17. NIM. 5123141015 ENCLOSURE.pdf] Text
17. NIM. 5123141015 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas X SMK Negeri 1 Stabat pada mata pelajaran Membuat pola pada kompetensi membuat pola lengan raglan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di SMK Negeri 1 Stabat padaT.A 2017/2018. Adapun sasaran dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Stabat dengan sampel 33 orang.Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK), dan alat pengumpulan data yaitu observasi dan test. Metode penelitian ini meliputi: 1. Pertemuan awal oleh peneliti dengan guru mata pelajaran untuk merencanakan tugas dan teknik pelaksanaan tindakan kelas serta penentuan instrument yang digunakan, 2. Menyusun rencana pelaksanaan kegiatan yang telah disepakati dimana peneliti direncanakan 2 siklus. Setiap siklus mencakup aktivitas perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.Pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan siswa membuat pola lengan raglan.Dengan menggunakan indikator keberhasilan klasikal 80% dan siswa memperoleh nilai minimal 75. Hasil tes kemampuan awal siswa dalam membuat pola lengan raglan dapat tergolong masih rendah.Pernyataan tersebut dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata siswa sebesar 64,39 dengan siswa yang mencapai kategori tuntas sebanyak 7 siswa (21,21 %) dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 26 siswa (78,79%). Selanjutnya pada siklus I dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD diperoleh hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata 75,76 dengan siswa yang mencapai kategori tuntas sebanyak 22 siswa (66,67%) dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 11 siswa (33,33%). Sedangkan hasil pembelajaran pada siklus II dengan menerapkan dan mengembangkan pembelajaran kooperatif tipe STAD diperoleh hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata sebesar 82,29 dengan kategori siswa yang tuntas sebanyak 29 siswa (87,88%) dan siswa yang tidak tuntas 4 siswa (12,12%). Berdasarkan hasil persentase nilai ketuntasan belajar pada siklus II mengalami peningkatan dari pembelajaran siklus I dengan kategori siswa yang tuntas pada siklus I sebanyak 22 siswa (66,67%) meningkat pada siklus II menjadi 29 siswa (87,88%) dan hasil belajar pada siklus II sudah mencapai tingkat ketuntasan klasikal 80%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran Tipe STAD; Hasil Belajar; Membuat Pola Lengan Raglan
Subjects: T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT490 Clothing manufacture. Dressmaking. Tailoring
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 01 Dec 2025 03:27
Last Modified: 01 Dec 2025 03:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65623

Actions (login required)

View Item
View Item