Supika, Hetti (2019) Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Menyulam Kelas VIII SMP Negeri 1 sibolangit. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5133141012 COVER.pdf
Download (145kB)
2. NIM 5133141012 APPROVAL SHEET.pdf
Download (445kB)
3. NIM. 5133141012 ABSTRACT.pdf
Download (116kB)
4. NIM. 5133141012 PREFACE.pdf
Download (257kB)
5. NIM. 5133141012 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (250kB)
6. NIM. 5133141012 TABLES.pdf
Download (218kB)
7. NIM. 5133141012 BAGAN.pdf
Download (114kB)
8. NIM. 5133141012 ILLUSTRATION.pdf
Download (240kB)
9. NIM. 5133141012 APPENDICES.pdf
Download (143kB)
10. NIM. 5133141012 CHAPTER I.pdf
Download (552kB)
11. NIM. 5133141012 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
12. NIM. 5133141012 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (822kB)
13. NIM. 5133141012 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (567kB)
14. NIM. 513314012 CHAPTER V.pdf
Download (172kB)
15. NIM. 5133141012 BIBLIOGRAFY.pdf
Download (145kB)
16. NIM. 5133141012 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Hasil pembuatan taplak meja dengan teknik tusuk silang siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sibolangit yang diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran video. 2) Hasil pembuatan taplak meja dengan teknik tusuk silang siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sibolangit yang diajarkan dengan menggunakan model konvensional, 3) Untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran video terhadap hasil belajar pembuatan taplak meja dengan teknik tusuk silang siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sibolangit. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling, yakni kelas VIII -2 sebanyak 30 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-3 sebanyak 30 orang sebagai kels kontrol. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen yaitu penelitian yang membandingkan antara kelas yang diberikan perlakuan (eksperimen) dengan kelas yang tidak diberikan perlakuan (kontrol). Pada kelas eksperimen diberikan perlakuan pengajaran dengan menggunakan media pembelajaran video, sedangkan kelas kontrol diberikan perlakuan pengajaran tanpa menggunakan media pembelajaran video. Penelitian ini menunjukkan hasil belajar yang diajar menggunakan media pembelajaran video (eksperimen) yaitu cenderung naik (96,7 %) dengan nilai rata-rata 90,5, nilai tertinggi 94 dan terendah 85, sedangkan hasil belajar siswa diajarkan tanpa menggunakan media pembelajaran video (kontrol) cenderung cukup ( 50%) dengan nilai rata-rata 77,36, nilai tertinggi 87 dan terendah 72. Kelas eksperimen berdistribusi normal karena Lhitung< Ltabel =0,0052 < 0,161 dan kelas kontrol berdistribusi normal karena Lhitung< Ltabel = 0,0462 < 0,161 dan kedua varians data adalah homogen karena Fhitung< Ftabel= 1,02 < 1,84. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh hasil belajar siswa yang diajar menggunakan media pembelajaran video dengan siswa yang diajarkan tanpa menggunakan media pemebelajaran berbasis video, dengan hasil perhitungan thitung < ttabel = 31,29 > 1,671. Hal ini bahwa penggunaan media pembelajaran baik digunakan sebagai alternatif atau variasi dalam pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Media Pembelajaran Berbasis Video; Keterampilan Menyulam |
| Subjects: | T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 01 Dec 2025 02:48 |
| Last Modified: | 01 Dec 2025 02:48 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65619 |
