Tarigan, Hardi Lonita (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN GAMES CROSSWORD (PERMAINAN TEKA-TEKI SILANG) DI KELAS V SD NEGERI 106819 SALAM TANI PANCUR BATU. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313122 COVER.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
108313122 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (390kB) | Preview
108313122 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
108313122 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
108313122 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
108313122 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
108313122 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
108313122 BAB I.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
108313122 BAB V.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
108313122 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
Abstract
Dalam penelitian ini, masalah yang dibahas ialah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V. Tujuan dalam penelitian ini ialah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pokok bahasan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dengan menggunakan metode pembelajaran games crossword (permainan teka-teki silang) di kelas V SD Negeri 106819 Salam Tani Pancur Batu.Salah satu pendapat ahli yang menyatakan bahwa teka-teki silang dapat digunakan pada pembelajaran yakni menurut Zaini, H dkk (2008:71) “TTS dapat digunakan sebagai strategi pembelajaran yang baik dan menyenangkan tanpa kehilangan esensi belajar yang sedang berlangsung, bahkan dapat melibatkan partisipasi peserta didik secara aktif sejak awal”. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini ialah siswa kelas V yang berjumlah 15 orang, terdiri dari 8 orang perempuan dan 7 orang laki-laki. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah lembar observasi untuk guru dan siswa yang menggunakan tes (pre test dan post test). Dari hasil pre test menunjukkan bahwa sebanyak 2 siswa (13,33%) yang tuntas dan 13 siswa (86,66%) tidak tuntas. Pada siklus I siswa yang tuntas 7 orang (46,66%) dan 8 orang (53,33%) tidak tuntas. Sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa semakin meningkat menjadi 15 orang (100%) tuntas dan 0 siswa (0%) yang tidak tuntas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode games crossword (permainan teka-teki silang) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pokok bahasan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda di kelas V SD Negeri 106819 Salam Tani Pancur Batu. Disarankan bagi guru bidang studi IPS untuk menerapkan metode games crossword pada proses belajar mengajar di kelas dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa.  
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Tar m |
Keywords: | Hasil Belajar; IPS; Pembelajaran games Crossword |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 03:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6559 |