Nainggolan, Pinky Aurora (2020) PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI UMUM KELAS X AP SMK NEGERI 1 PATUMBAK T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1) NIM 7163344028 COVER.pdf
Download (384kB)
2) NIM 7163344028 LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (1MB)
3) NIM 7163344028 KATA PENGANTAR.pdf
Download (1MB)
4) NIM 7163344028 ABSTRAK.pdf
Download (757kB)
5) NIM 7163344028 DAFTAR ISI.pdf
Download (983kB)
6) NIM 7163344028 DAFTAR TABEL.pdf
Download (279kB)
7) NIM 7163344028 DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (278kB)
8) NIM 7163344028 BAB I.pdf
Download (2MB)
9) NIM 7163344028 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
10) NIM 7163344028 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
11) NIM 7163344028 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
12) NIM 7163344028 BAB V.pdf
Download (697kB)
13) NIM 7163344028 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (701kB)
14) NIM 7163344028 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (33MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perbedaan model pembelajaran Inquiry dan Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa dan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diperoleh dengan menggunakan model
pembelajaran Inquiry apakah lebih tinggi dibanding hasil belajar siswa yang diperoleh dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning pada siswa kelas X AP SMK Negeri 1 Patumbak T.A 2019/2020. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Patumbak T.A 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP SMK Negeri 1 Patumbak yang berjumlah 95 orang yang terdiri dari 3 kelas. Maka sampel yang digunakan adalah kelas X AP 1 yang berjumlah 32
orang dan kelas X AP 2 yang berjumlah 32 orang. Teknik penentuan sampel dilakukan menggunakan Purposive Sampling, dimana kelas X AP 1 sebagai kelas ekperimen 1 dan X AP 2 sebagai kelas eksperimen 2. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal yang diambil dari buku Administrasi Umum yang sudah dianggap valid. Teknik analisa data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pre-test dan post-test dengan model pembelajaran Inquiry adalah 40,00 dan 85,63, serta hasil rata-rata pre-test dan posttest dengan model pembelajaran Discovery Learning adalah 39,69 dan 83,28. Hipotesis penelitian ini diuji dengan menggunakan uji-t dan variabel yang
menggunakan model pembelajaran Inquiry diperoleh thitung sebesar 2,178 sedangkan ttabel sebesar 1,669 pada taraf signifikan 95% atau α = 0,05 thitung > ttabel (2,178 > 1,669), maka hipotesis penelitian diterima. Sedangkan variabel yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning diperoleh thitung sebesar 2,167sehingga thitung > ttabel (2,167 > 1,669), maka hipotesis penelitian diterima.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar administrasi umum yang diajarkan dengan model pembelajaran Inquiry lebih tinggi dibandingkan hasil belajar administrasi umum yang diajarkan dengan model pembelajaran Discovery
Learning kelas X AP SMK Negeri 1 Patumbak T.A 2019/2020
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Model Pembelajaran Inquiry dan Discovery Learning, dan Hasil belajar siswa |
| Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
| Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
| Date Deposited: | 04 Nov 2025 03:23 |
| Last Modified: | 04 Nov 2025 03:23 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65475 |
