Sururi, Noera (2012) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE INSIDE OUTSIDE CIRCLE DI KELAS V SD NEGERI 060876 MEDAN TIMUR TA. 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
081211910008 COVER.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
081211910008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (899kB) | Preview
081211910008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
081211910008 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
081211910008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
081211910008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
081211910008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
081211910008 BAB I.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
081211910008 BAB V.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
081211910008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
Abstract
Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah apakah setelah menggunakanmetode Inside Outside Circle dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada matapelajaran matematika materi pokok operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan dikelas V SD Negeri 060876 Medan Timur Tahun Ajaran 2011/2012?Subjek dalam penelitian tidakan kelas ini adalah peserta didik kelas V yangberjumlah 40 orang yang terdiri dari 22 peserta didik laki-laki dan 18 peserta didikperempuan di SD Negeri No. 060876 Medan Timur. Objek dalam penelitian ini adalahmetode Inside Outside Circle yang diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajarsiswa pada mata pelajaran Matamatika Materi Pokok Operasi Penjumlahan danPengurangan Pecahan Dengan Metode Inside Outside Circle di Kelas V SDPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode Inside OutsideCircle dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika materipokok operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan di kelas V SD Negeri 060876 TA2011/2012.Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2siklus, dimana setiap siklus dilakukan 2x pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukanmelalui 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Alatpengumpul data yang digunakan adalah angket dan observasi. Sebelum dilakukantindakan pada siklus 1, peneliti terlebih dahulu mengamati proses pembelajaran awalsiswa atau prasiklus yang bertujuan selain untuk mengetahui motivasi belajar siswa jugauntuk mengetahui kekurangan-kekurangan dalam proses kegiatan belajar mengajar.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi motivasibelajar siswa dan angket motivasi belajar siswa dengan indikator : tekun menghadapitugas, ulet menghadapi kesulitan, menunjukkan minat yang tinggi terhadap bermacammacammasalah, bekerja mandiri, dapat mempertahankan pendapatnya, bekerja samadalam mencari dan memecahkan masalah..Berdasarkan analisis data observasi pada kondisi awal diperoleh 6 orangmemiliki motivasi belajar baik (15%), 7 orang memiliki motivasi belajar cukup (17,5%),11 orang memiliki motivasi belajar kurang (27,5%), 16 orang memiliki motivasi belajarsangat kurang (40%). Pada siklus I mengalami perubahan yaitu : 6 orang memilikimotivasi belajar sangat baik (15%), 15 orang memiliki motivasi belajar baik (37,5%), 12orang memiliki motivasi belajar cukup (30%), 7 orang memiliki motivasi belajar kurang(17,5%). Dan pada siklus II persentase motivasi belajar siswa semakin meningkat dansesuai dengan persentase yang ingin dicapai pada tingkat motivasi belajar siswa, yaitu :12 orang memiliki motivasi belajar sangat baik (30%), 21 orang memiliki motivasibelajar baik (52,5%), 4 orang memiliki motivasi belajar cukup (10%), 3 orang memilikimotivasi belajar kurang (7,5%). Sedangkan berdasarkan analisis data yang diperoleh dariangket pada siklus I adalah : 22 orang memiliki motivasi belajar baik (55%), 15 orangmemiliki kreativitas belajar cukup (37,5%), 3 orang memiliki motivasi belajarkurang(7,5%). Dan pada siklus II diperoleh : 12 orang memiliki motivasi belajar sangatbaik (30%%), 22 orang motivasi belajar baik (55%), 5 orang memiliki motivasi belajar cukup (12,5%) dan 1 orang memiliki motivasi belajar kurang (2,5%).Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metodeInside Outside Circle dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaranMatematika di Kelas V SD Negeri 060876 Medan Timur. Oleh karena itu, metode Inside Outside Circle dapat diterapkan sebagai salah satu alternatife dalam meningkatakan motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Sur m |
Keywords: | Motivasi Belajar; Matematika; Metode Inside Outside Circle |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 21 Jul 2016 07:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6544 |