Ningtias, Yovita (2023) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENDEKATAN REALISTIK DI MTS. SWASTA ISLAMIYAH TANJUNG KASAU. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM. 4181111055 COVER.pdf
Download (131kB)
2. NIM. 4181111055 APPROVAL SHEET.pdf
Download (369kB)
3. NIM. 4181111055 ABSTRACT.pdf
Download (152kB)
4. NIM. 4181111055 PREFACE.pdf
Download (293kB)
5. NIM. 4181111055 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (151kB)
6. NIM. 4181111055 TABLES.pdf
Download (255kB)
7. NIM. 4181111055 ILLUSTRATION.pdf
Download (199kB)
8. NIM. 4181111055 APPENDICES.pdf
Download (124kB)
9. NIM. 4181111055 CHAPTER I.pdf
Download (510kB)
10. NIM. 4181111055 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (795kB)
11. NIM. 4181111055 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (733kB)
12. NIM. 4181111055 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
13. NIM. 4181111055 CHAPTER V.pdf
Download (150kB)
14. NIM. 4181111055 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (394kB)
15. NIM. 4181111055 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Dalam kegiatan pembelajaran, matematika memiliki peranan sebagai alat berpikir untuk menghantarkan peserta didik dalam memahami konsep matematika.Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Menganalisis perbedaan hasil belajar matematika siswa melalui pembelajaran pendekatan realistik dengan pembelajaran biasa di kelas VII MTs. Swasta Islamiyah Tanjung Kasau; (2) Mengetahui kesulitan yang dominan dilakukan oleh siswa kelas VII di MTs. Swasta Islamiyah Tanjung Kasau dalam menyelesaikan permasalahan matematis melalui pendekatan realistik. Penelitian ini dilakukan di kelas VII MTs. Swasta Islamiyah Tanjung Kasau. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Sampel yang digunakan adalah 22 siswa kelas VII-B sebagai kelas eksperimen dan 22 siswa kelas VII-A sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan sebagai tes hasil belajar matematika adalah 5 soal berbentuk uraian. Hasil dari penelitian diperoleh : (1) Dari hasil uji-t diperoleh nilai t hitung > t tabel (2,190 > 2,018) ,maka H0 ditolak. Sehingga hasil belajar matematika siswa kelas VII di MTs. Swasta Islamiyah Tanjung Kasau melalui pembelajaran pendekatan realistik lebih tinggi dibanding pembelajaran biasa; (2) Dari hasil persentase rata-rata pada kategori kesulitan, didapat bahwa pada kelas eksperimen persentase rata-rata kategori kesulitan konseptual sebesar 21%, pada kategori kesulitan prosedural sebesar 30% dan kesulitan teknik sebesar 34%. Dugaan faktor penyebab kesulitan teknik adalah ketidakpahaman siswa mengeni operasi hitung campuran.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Pendekatan Realistik, Kesulitan Belajar Matematika, Eksperimen |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
| Date Deposited: | 20 Oct 2025 05:47 |
| Last Modified: | 20 Oct 2025 05:47 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65411 |
