Hutasuhut, Yani Sahara (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN OPEN ENDED BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 BILAH HILIR. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1. NIM 4172111021 COVER.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. NIM 4172111021 COVER.pdf
Download (64kB)
![[thumbnail of 2. NIM 4172111021 APPROVAL SHEET.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. NIM 4172111021 APPROVAL SHEET.pdf
Download (507kB)
![[thumbnail of 3. NIM 4172111021 ABSTRACT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. NIM 4172111021 ABSTRACT.pdf
Download (166kB)
![[thumbnail of 4. NIM 4172111021 PREFACE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. NIM 4172111021 PREFACE.pdf
Download (330kB)
![[thumbnail of 5. NIM 4172111021 TABLE OF CONTENT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. NIM 4172111021 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (195kB)
![[thumbnail of 6. NIM 4172111021 ILLUSTRATION.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. NIM 4172111021 ILLUSTRATION.pdf
Download (136kB)
![[thumbnail of 7. NIM 4172111021 TABLE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. NIM 4172111021 TABLE.pdf
Download (33kB)
![[thumbnail of 8. NIM 4172111021 APPENDICES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. NIM 4172111021 APPENDICES.pdf
Download (59kB)
![[thumbnail of 9. NIM 4172111021 CHAPTER I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. NIM 4172111021 CHAPTER I.pdf
Download (649kB)
![[thumbnail of 10. NIM 4172111021 CHAPTER II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. NIM 4172111021 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 11. NIM 4172111021 CHAPTER III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. NIM 4172111021 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (675kB)
![[thumbnail of 12. NIM 4172111021 CHAPTER IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
12. NIM 4172111021 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (801kB)
![[thumbnail of 13. NIM 4172111021 CHAPTER V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
13. NIM 4172111021 CHAPTER V.pdf
Download (220kB)
![[thumbnail of 14. NIM 4172111021 BIBLIOGRAPHY.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
14. NIM 4172111021 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (169kB)
![[thumbnail of 15. NIM 4172111021 ENCLOSURE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
15. NIM 4172111021 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh pembelajaran open ended berbantuan gooole classroom terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa Smp Negeri 1 Bilah Hilir. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh kelas VIII Smp Negeri 1 Bilah Hilir yang terdiri dari 7 kelas yang jumlah keseluruhan siswanya 145 siswa. Sedangkan pengambilan sampel di dalam penelitian sesuai yang disarankan oleh guru yaitu kelas VIII-3 sebagai kelas eksperimen dan VIII-4 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 15 siswa. Sebagai instrumen penelitian digunakan data hasil pre-test dan post-test dalam bentuk tes essay pada materi relasi dan fungsi, dimana masing-masing soal berjumlah 4 soal dan telah divalidasi oleh dosen matematika. Uji yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji-t pihak kanan. Setelahpengelolaan data Statistik uji-t pihak kanan diperoleh bahwa, thitung = 2,006 dan ttabel = 1,70 maka , thitung > ttabel atau 2,006 > 1,70. Hal ini berarti terima Ha dantolak H0. Berdasarkan hasil uji-t tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan pendekatan pembelajaran open ended berbantuan google classroom terhadap pemahaman konsep matematis siswa Smp Negeri 1 Bilah Hilir.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pembelajaran Open Ended, Google Classroom, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 20 Oct 2025 05:24 |
Last Modified: | 20 Oct 2025 05:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65409 |