PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) BERBANTUAN SOFTWARE AUTOGRAPH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DI KELAS IX SMP NEGERI 2 KAMPUNG RAKYAT

Liu, Sri Switasari (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) BERBANTUAN SOFTWARE AUTOGRAPH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DI KELAS IX SMP NEGERI 2 KAMPUNG RAKYAT. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4183111044 COVER.pdf] Text
1. NIM 4183111044 COVER.pdf

Download (256kB)
[thumbnail of 2. NIM 4183111044 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM 4183111044 APPROVAL SHEET.pdf

Download (610kB)
[thumbnail of 3. NIM 4183111044 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM 4183111044 ABSTRACT.pdf

Download (253kB)
[thumbnail of 4. NM 4183111044 PREFACE.pdf] Text
4. NM 4183111044 PREFACE.pdf

Download (716kB)
[thumbnail of 5. NM 4183111044 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NM 4183111044 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (395kB)
[thumbnail of 6. NM 4183111044 TABLES.pdf] Text
6. NM 4183111044 TABLES.pdf

Download (252kB)
[thumbnail of 7. NM 4183111044 ILLUSTRATION.pdf] Text
7. NM 4183111044 ILLUSTRATION.pdf

Download (251kB)
[thumbnail of 8. NM 4183111044 APPENDICES.pdf] Text
8. NM 4183111044 APPENDICES.pdf

Download (394kB)
[thumbnail of 9. NM 4183111044 CHAPTER I.pdf] Text
9. NM 4183111044 CHAPTER I.pdf

Download (744kB)
[thumbnail of 10.  NM 4183111044 CHAPTER II.pdf] Text
10. NM 4183111044 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 11. NM 4183111044 CHAPTER III.pdf] Text
11. NM 4183111044 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (938kB)
[thumbnail of 12. NM 4183111044 CHAPTER IV.pdf] Text
12. NM 4183111044 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 13. NM 4183111044 CHAPTER V.pdf] Text
13. NM 4183111044 CHAPTER V.pdf

Download (279kB)
[thumbnail of 14. NM 4183111044 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NM 4183111044 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (397kB)
[thumbnail of 15. NM 4183111044 ENCLOSURE.pdf] Text
15. NM 4183111044 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Keberhasilan pembelajaran dipengaruhi oleh keterampilan pendidik untuk memakai model pembelajaran yang dapat mengacu siswa agar lebih aktif dengan pemberian fasilitas yang mampu menunjang peningkatan komunikasi matematis siswa. Maka dari itu dibutuhkan konsep pembelajaran yang memicu perkembangan komunikasi matematis siswa. Think-Pair-Share (TPS) adalah pembelajaran kolaboratif yang dibentuk guna mengarahkan bentuk interaksi siswa. Hal ini memungkinkan siswa untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis, imajinatif dan analitis mereka untuk memecahkan masalah. Dari tes yang dilakukan model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) yang digunakan bisa membantu ketuntasan belajar klasikal siswa pada kelas IX SMP Negeri 2Kampung Rakyat tahun ajaran 2022/2023. Didasari kondisi awal sebanyak 11 siswa (34,3%) yang mencapai ketuntasan dengan nilai rata-rata kelas yaitu 50,3. Pada siklus I, terjadi penurunan terhadap ketuntasan siswa dari 34,3% menjadi 8 siswa (25%) dengan rata-rata kelas mengalami penurunan dalam kategori menurun -0,39 menjadi 37,3. Pada siklus II, keterampilan komunikasi matematissiswa meningkat dengan signifikan, dimana jumlah siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 28 siswa (87,5%) dengan kenaikan rata-rata kelas mengalami peningkatan kategori sedang sebesar 0,63 menjadi 80,3. Dengan secara keseluruhan (dari kondisi awal sampai siklus II), jumlah siswa yang mencapai ketuntasan sebesar meningkat dengan kategori peningkatan sedang yaitu 0,43.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Think-Pair-Share, Komunikasi Matematis Siswa, Ketuntasan Klasikal
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 20 Oct 2025 04:59
Last Modified: 20 Oct 2025 04:59
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65406

Actions (login required)

View Item
View Item