Liu, Sri Switasari (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) BERBANTUAN SOFTWARE AUTOGRAPH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DI KELAS IX SMP NEGERI 2 KAMPUNG RAKYAT. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1. NIM 4183111044 COVER.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. NIM 4183111044 COVER.pdf
Download (256kB)
![[thumbnail of 2. NIM 4183111044 APPROVAL SHEET.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. NIM 4183111044 APPROVAL SHEET.pdf
Download (610kB)
![[thumbnail of 3. NIM 4183111044 ABSTRACT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. NIM 4183111044 ABSTRACT.pdf
Download (253kB)
![[thumbnail of 4. NM 4183111044 PREFACE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. NM 4183111044 PREFACE.pdf
Download (716kB)
![[thumbnail of 5. NM 4183111044 TABLE OF CONTENT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. NM 4183111044 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (395kB)
![[thumbnail of 6. NM 4183111044 TABLES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. NM 4183111044 TABLES.pdf
Download (252kB)
![[thumbnail of 7. NM 4183111044 ILLUSTRATION.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. NM 4183111044 ILLUSTRATION.pdf
Download (251kB)
![[thumbnail of 8. NM 4183111044 APPENDICES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. NM 4183111044 APPENDICES.pdf
Download (394kB)
![[thumbnail of 9. NM 4183111044 CHAPTER I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. NM 4183111044 CHAPTER I.pdf
Download (744kB)
![[thumbnail of 10. NM 4183111044 CHAPTER II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. NM 4183111044 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 11. NM 4183111044 CHAPTER III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. NM 4183111044 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (938kB)
![[thumbnail of 12. NM 4183111044 CHAPTER IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
12. NM 4183111044 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 13. NM 4183111044 CHAPTER V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
13. NM 4183111044 CHAPTER V.pdf
Download (279kB)
![[thumbnail of 14. NM 4183111044 BIBLIOGRAPHY.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
14. NM 4183111044 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (397kB)
![[thumbnail of 15. NM 4183111044 ENCLOSURE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
15. NM 4183111044 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Keberhasilan pembelajaran dipengaruhi oleh keterampilan pendidik untuk memakai model pembelajaran yang dapat mengacu siswa agar lebih aktif dengan pemberian fasilitas yang mampu menunjang peningkatan komunikasi matematis siswa. Maka dari itu dibutuhkan konsep pembelajaran yang memicu perkembangan komunikasi matematis siswa. Think-Pair-Share (TPS) adalah pembelajaran kolaboratif yang dibentuk guna mengarahkan bentuk interaksi siswa. Hal ini memungkinkan siswa untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis, imajinatif dan analitis mereka untuk memecahkan masalah. Dari tes yang dilakukan model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) yang digunakan bisa membantu ketuntasan belajar klasikal siswa pada kelas IX SMP Negeri 2Kampung Rakyat tahun ajaran 2022/2023. Didasari kondisi awal sebanyak 11 siswa (34,3%) yang mencapai ketuntasan dengan nilai rata-rata kelas yaitu 50,3. Pada siklus I, terjadi penurunan terhadap ketuntasan siswa dari 34,3% menjadi 8 siswa (25%) dengan rata-rata kelas mengalami penurunan dalam kategori menurun -0,39 menjadi 37,3. Pada siklus II, keterampilan komunikasi matematissiswa meningkat dengan signifikan, dimana jumlah siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 28 siswa (87,5%) dengan kenaikan rata-rata kelas mengalami peningkatan kategori sedang sebesar 0,63 menjadi 80,3. Dengan secara keseluruhan (dari kondisi awal sampai siklus II), jumlah siswa yang mencapai ketuntasan sebesar meningkat dengan kategori peningkatan sedang yaitu 0,43.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Think-Pair-Share, Komunikasi Matematis Siswa, Ketuntasan Klasikal |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 20 Oct 2025 04:59 |
Last Modified: | 20 Oct 2025 04:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65406 |