Liu, Sri Switasari (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) BERBANTUAN SOFTWARE AUTOGRAPH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DI KELAS IX SMP NEGERI 2 KAMPUNG RAKYAT. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4183111044 COVER.pdf
Download (256kB)
2. NIM 4183111044 APPROVAL SHEET.pdf
Download (610kB)
3. NIM 4183111044 ABSTRACT.pdf
Download (253kB)
4. NM 4183111044 PREFACE.pdf
Download (716kB)
5. NM 4183111044 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (395kB)
6. NM 4183111044 TABLES.pdf
Download (252kB)
7. NM 4183111044 ILLUSTRATION.pdf
Download (251kB)
8. NM 4183111044 APPENDICES.pdf
Download (394kB)
9. NM 4183111044 CHAPTER I.pdf
Download (744kB)
10. NM 4183111044 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
11. NM 4183111044 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (938kB)
12. NM 4183111044 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
13. NM 4183111044 CHAPTER V.pdf
Download (279kB)
14. NM 4183111044 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (397kB)
15. NM 4183111044 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Keberhasilan pembelajaran dipengaruhi oleh keterampilan pendidik untuk memakai model pembelajaran yang dapat mengacu siswa agar lebih aktif dengan pemberian fasilitas yang mampu menunjang peningkatan komunikasi matematis siswa. Maka dari itu dibutuhkan konsep pembelajaran yang memicu perkembangan komunikasi matematis siswa. Think-Pair-Share (TPS) adalah pembelajaran kolaboratif yang dibentuk guna mengarahkan bentuk interaksi siswa. Hal ini memungkinkan siswa untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis, imajinatif dan analitis mereka untuk memecahkan masalah. Dari tes yang dilakukan model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) yang digunakan bisa membantu ketuntasan belajar klasikal siswa pada kelas IX SMP Negeri 2Kampung Rakyat tahun ajaran 2022/2023. Didasari kondisi awal sebanyak 11 siswa (34,3%) yang mencapai ketuntasan dengan nilai rata-rata kelas yaitu 50,3. Pada siklus I, terjadi penurunan terhadap ketuntasan siswa dari 34,3% menjadi 8 siswa (25%) dengan rata-rata kelas mengalami penurunan dalam kategori menurun -0,39 menjadi 37,3. Pada siklus II, keterampilan komunikasi matematissiswa meningkat dengan signifikan, dimana jumlah siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 28 siswa (87,5%) dengan kenaikan rata-rata kelas mengalami peningkatan kategori sedang sebesar 0,63 menjadi 80,3. Dengan secara keseluruhan (dari kondisi awal sampai siklus II), jumlah siswa yang mencapai ketuntasan sebesar meningkat dengan kategori peningkatan sedang yaitu 0,43.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Think-Pair-Share, Komunikasi Matematis Siswa, Ketuntasan Klasikal |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
| Date Deposited: | 20 Oct 2025 04:59 |
| Last Modified: | 20 Oct 2025 04:59 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65406 |
