ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN DENGAN PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA KALKULUS INTEGRAL

Mahdalena, Indra (2022) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN DENGAN PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA KALKULUS INTEGRAL. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4163311025 COVER.pdf] Text
1. NIM 4163311025 COVER.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of 2. NIM 4163311025 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM 4163311025 APPROVAL SHEET.pdf

Download (796kB)
[thumbnail of 3. NIM 4163311025 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM 4163311025 ABSTRACT.pdf

Download (226kB)
[thumbnail of 4. NIM 4163311025 PREFACE.pdf] Text
4. NIM 4163311025 PREFACE.pdf

Download (296kB)
[thumbnail of 5. NIM 4163311025 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM 4163311025 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of 7. NIM 4163311025 TABLE.pdf] Text
7. NIM 4163311025 TABLE.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of 8. NIM 4163311025 APPENDICES.pdf] Text
8. NIM 4163311025 APPENDICES.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of 9. NIM 4163311025 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM 4163311025 CHAPTER I.pdf

Download (388kB)
[thumbnail of 10. NIM 4163311025 CHAPTER II.pdf] Text
10. NIM 4163311025 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 11. NIM 4163311025 CHAPTER III.pdf] Text
11. NIM 4163311025 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (663kB)
[thumbnail of 12. NIM 4163311025 CHAPTER IV.pdf] Text
12. NIM 4163311025 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 13. NIM 4163311025 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM 4163311025 CHAPTER V.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of 14. NIM 4163311025 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM 4163311025 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (254kB)
[thumbnail of 15. NIM 4163311025 ENCLOSURE.pdf] Text
15. NIM 4163311025 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman kemampuan komunikasi matematis mahasiswa Universitas Negeri Medan pada mata kuliah kalkulus integral, dan untuk mengetahui hal-hal yang menyebabkan mahasiswa mengalami kesulitan dalam kemampuan komunikasi matematis pada mata kuliah kalkulus integral. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa jurusan pendidikan matematika kelas Dik B Universitas Negeri Medan. Ada 49 mahasiswa yang mengikuti tes tertulis dan enam mahasiswa yang diwawancarai. Objek penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematis mahasiswa dengan model Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan tiga metode pengumpulan data yaitu tes, wawancara, dan angket. Tahapan yang digunakan pada penelitian ini yaitu (1) reduksi data (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data tingkat kemampuan komunikasi matematis dari 49 mahasiswa dengan kemampuan komunikasi matematis „sangat rendah‟ sebanyak 24,49%, kemampuan komunikasi matematis „rendah‟ sebanyak 16,33%, kemampuan komunikasi matematis „sedang‟ sebanyak 26,53%, kemampuan komunikasi matematis „tinggi‟ sebanyak 24,49%, dan kemampuan komunikasi matematis „sangat tinggi‟ sebanyak 8,16%. Analisis kesulitan kemampuan komunikasi matematis penelitian ini yaitu kesulitan mahasiswa dalam menggambarkan kurva dengan benar dan kesalahan perhitungan di akhir jawaban.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis, Problem Based Learning, Kalkulus Integral
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 20 Oct 2025 03:30
Last Modified: 20 Oct 2025 03:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65396

Actions (login required)

View Item
View Item