Munte, Imanuel PENGARUH KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII TERHADAP HASIL BELAJAR YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) DI SMP NEGERI 1 MUNTE. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4153111029 COVER.pdf
Download (215kB)
2 NIM 4153111029 LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (475kB)
3 NIM 4153111029 ABSTRAK.pdf
Download (535kB)
4 NIM 4153111029 KATA PENGANTAR.pdf
Download (495kB)
5 NIM 4153111029 DAFTAR ISI.pdf
Download (210kB)
6 NIM 4153111029 DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (204kB)
7 NIM 4153111029 DAFTAR TABEL.pdf
Download (205kB)
8 NIM 4153111029 DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (205kB)
9 NIM 4153111029 BAB I.pdf
Download (903kB)
10 NIM 4153111029 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
11 NIM 4153111029 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (880kB)
12 NIM 4153111029 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
13 NIM 4153111029 BAB V.pdf
Download (233kB)
14 NIM 4153111029 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (456kB)
15 NIM 4153111029 LAMPIRAN.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh positif dan berarti antara model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation terhadap kemampuan penalaran dan komunikasi matematika siswa pada sub pokok bahasan Teorema Pythagoras dikelas VIII SMP Negeri 1 Munte Tahun Ajaran 2019/2020.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1Munte Tahun Ajaran 2019/2020. Sedangkan sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas masing-masing 38 orang siswa pada kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-3 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe Group Investigation beranggotakan 5 orang siswa tiap kelompok, dan pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe Group Investigation beranggotakan 2 orang siswa tiap kelompok.Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan memberikan perlakuan pada kelompok sampel penelitian kemudian diberikan pretes dan postes, sebagai alat pengumpul data digunakan instrumen tes dalam bentuk tes uraian, yaitu untuk soal pretes dan postes masing-masing sebanyak 6 soal dan telah dinyatak valid oleh tim ahli.Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas tes. Normalitas diuji dengan menggunakan Teknik Lilliefors dan homogenitas dengan menggunakan uji F. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen.Dari analisa data postes kemampuan penalaran dan kemampuan komunikasi dengan menggunakan uji-t pada taraf = 0,05 berturut-turut diperoleh ������� < ������ (0,0981 < 0,1519), sehingga untuk kedua uji hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan penalaran dan kemampuan komunikasi siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation beranggotakan 5 orang tiap kelompok lebih tinggi dari rata-rata kemampuan penalaran dan kemampuan komunikasi siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation beranggotakan 2 orang tiap kelompok. Dengan demikian berarti ada pengaruh yangpositif dan berarti antara model pembelajaran kooperatif tipe Gorup Investigation terhadap kemampuan penalaran dan kemampuan komunikasi matematika siswa.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
| Date Deposited: | 20 Oct 2025 03:10 |
| Last Modified: | 20 Oct 2025 03:10 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65395 |
