Hamimah (2022) ANALISIS TINGKAT KECEMASAN SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS X DI MAS YMPI TANJUNG BALAI TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1. NIM 4181111048 COVER.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. NIM 4181111048 COVER.pdf
Download (47kB)
![[thumbnail of 2. NIM 4181111048 APPROVAL SHEET.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. NIM 4181111048 APPROVAL SHEET.pdf
Download (318kB)
![[thumbnail of 3. NIM 4181111048 ABSTRACT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. NIM 4181111048 ABSTRACT.pdf
Download (62kB)
![[thumbnail of 4. NIM 4181111048 PREFACE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. NIM 4181111048 PREFACE.pdf
Download (219kB)
![[thumbnail of 5. NIM 4181111048 TABLE OF CONTENT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. NIM 4181111048 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (306kB)
![[thumbnail of 6. NIM 4181111048 ILLUSTRATION.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. NIM 4181111048 ILLUSTRATION.pdf
Download (32kB)
![[thumbnail of 7. NIM 4181111048 TABLES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. NIM 4181111048 TABLES.pdf
Download (210kB)
![[thumbnail of 8. NIM 4181111048 APPENDICES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. NIM 4181111048 APPENDICES.pdf
Download (211kB)
![[thumbnail of 9. NIM 4181111048 CHAPTER I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. NIM 4181111048 CHAPTER I.pdf
Download (470kB)
![[thumbnail of 10. NIM 4181111048 CHAPTER II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. NIM 4181111048 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (778kB)
![[thumbnail of 11. NIM 4181111048 CHAPTER III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. NIM 4181111048 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (997kB)
![[thumbnail of 12. NIM 4181111048 CHAPTER IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
12. NIM 4181111048 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (666kB)
![[thumbnail of 13. NIM 4181111048 CHAPTER V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
13. NIM 4181111048 CHAPTER V.pdf
Download (88kB)
![[thumbnail of 14. NIM 4181111048 BIBLIOGRAPHY.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
14. NIM 4181111048 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (362kB)
![[thumbnail of 15. NIM 4181111048 ENCLOSURE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
15. NIM 4181111048 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Matematika seringkali dianggap menjadi mata pelajaran yang sulit oleh siswa sehingga tak jarang siswa mengalami kesulitan belajar seperti mengalami kecemasan ketika belajar matematika, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kecemasan, mendeskripsikan faktor-faktor penyebab kecemasan, dan bagaimana pengaruh kecemasan terhadap kesulitan belajar siswa kelas X di MAS YMPI Tanjungbalai. Dalam penelitian ini jumlah subjek penelitian sebanyak 36 siswa dengan teknik sampling yaitu purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini berupa catatan lapangan data menggunakan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Kesulitan belajar dapat diartikan sebagai suatu kondisi dalam proses belajar yang ditandai oleh adanya hambatan-hambatan tertentu untuk mencapai hasil belajar. Pada penelitian ini lebih mangacu pada permasalahan kecemasan peserta didik yang menjadi penghambat dalam mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dan teknik validitas dalam penelitian ini menggunakan triangulasi waktu. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan mengenai tingkat kecemasan siswa pada pembelajaran matematika dapat disimpulakan dari 36 siswa diperoleh 8 (22,2%) siswa mengalami tingkat kecemasan Tinggi, 23 (63,9%) siswa mengalami tingkat kecemasan sedang dan 5 (13,9%) siswa memiliki tingkat kecemasan rendah. Kecemasan peserta didik dengan kategori kecemasan rendah lebih terlihat tanggap dan sangat bersemangat dalam pembelajaran matematika dibandingkan dengan dua kategori lainnya yaitu kategori kecemasan sedang dan kecemasan tinggi. Berdasarkan analisis data rata rata hasil belajar siswa, siswa dengan tingkat kecemasan tinggi akan memilki rata rata hasil belajar lebih rendah dibandingkan siswa dengan tingkat kecemasan sedang dan tingkat kecemasan tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kesulitan Belajar, Kecemasan Matematika, Pembelajaran Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 20 Oct 2025 03:03 |
Last Modified: | 20 Oct 2025 03:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65393 |