Simatupang, Esra Ayu Lamria (2022) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DALAM IMPLEMENTASI TEORI POLYA PADA KELAS XI SMA NEGERI 1 KISARAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4161111026 COVER.pdf
Download (35kB)
2. NIM 4161111026 APPROVAL SHEET.pdf
Download (625kB)
3. NIM 4161111026 ABSTRACT.pdf
Download (139kB)
4. NIM 4161111026 PREFACE.pdf
Download (378kB)
5. NIM 4161111026 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (164kB)
6. NIM 4161111026 ILLUSTRATION.pdf
Download (163kB)
7. NIM 4161111026 TABLE.pdf
Download (110kB)
8. NIM 4161111026 APPENDICES.pdf
Download (109kB)
9. NIM 4161111026 CHAPTER I.pdf
Download (623kB)
10. NIM 4161111026 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
11. NIM 4161111026 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (799kB)
12. NIM 4161111026 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
13. NIM 4161111026 CHAPTER V.pdf
Download (208kB)
14. NIM 4161111026 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (120kB)
15. NIM 4161111026 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam penerapan teori Polya, (2) Menganalisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan masalah setelah diterapkan teori Polya. Metode penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI – IPA 6 di SMA Negeri 1 Kisaran. Pemilihan subjek dalam penelitian ini berdasarkan teknik Purposive Sampling. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diperoleh data bahwa (1) Tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas XI-IPA 6 di SMA Negeri 1 Kisaran dengan implementasi teori Polya diperoleh bahwa siswa yang sudah mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) sebanyak 29 orang atau sebesar 80,55% yang terbagi menjadi 4 kategori yaitu siswa dengan kategori Sangat Tinggi (A) sebesar 33,3%, siswa dengan kategori Tinggi (B) sebesar 47,2%, siswa dengan kategori Cukup (C) sebesar 13,9% dan siswa dengan kategori Sangat Rendah (D) sebesar 5,6%. Keempat kategori tersebut digolongkan menjadi tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang tinggi. (2) Adapun beberapa kesulitan yang dihadapi oleh siswa kelas XI-IPA 6 di SMA Negeri 1 Kisaran dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah yaitu kesulitan konsep seperti kesalahan siswa dalam menerapkan rumus pola bilangan segitiga dan menerapkan rumus suku ke-n dari barisan aritmatika. Kesulitan prinsip seperti kesalahan siswa dalam menggunakan sifat dari pola bilangan segitiga untuk menentukan nilai n dan salah dalam menentukan deret suatu barisan aritmatika dengan kategori yang dinyatakan. Kesulitan fakta seperti kesalahan siswa dalam mengubah soal kedalam model matematika. Kesulitan Prosedur seperti kesalahan siswa dalam melakukan operasi hitung saat menentukan baris ke-10 pada barisan aritmatika, salah dalam melakukan operasi saat menentukan jumlah tabungan dan salah dalam menentukan rasio dari barisan geometri.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Analisis, Kemampuan Pemecahan Masalah, Teori Polya, Kesulitan Matematika |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
| Date Deposited: | 20 Oct 2025 02:30 |
| Last Modified: | 20 Oct 2025 02:30 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65384 |
