ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DALAM IMPLEMENTASI TEORI POLYA PADA KELAS XI SMA NEGERI 1 KISARAN

Simatupang, Esra Ayu Lamria (2022) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DALAM IMPLEMENTASI TEORI POLYA PADA KELAS XI SMA NEGERI 1 KISARAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4161111026 COVER.pdf] Text
1. NIM 4161111026 COVER.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of 2. NIM 4161111026 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM 4161111026 APPROVAL SHEET.pdf

Download (625kB)
[thumbnail of 3. NIM 4161111026 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM 4161111026 ABSTRACT.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 4. NIM 4161111026 PREFACE.pdf] Text
4. NIM 4161111026 PREFACE.pdf

Download (378kB)
[thumbnail of 5. NIM 4161111026 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM 4161111026 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of 6. NIM 4161111026 ILLUSTRATION.pdf] Text
6. NIM 4161111026 ILLUSTRATION.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of 7. NIM 4161111026 TABLE.pdf] Text
7. NIM 4161111026 TABLE.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 8. NIM 4161111026 APPENDICES.pdf] Text
8. NIM 4161111026 APPENDICES.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 9. NIM 4161111026 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM 4161111026 CHAPTER I.pdf

Download (623kB)
[thumbnail of 10. NIM 4161111026 CHAPTER II.pdf] Text
10. NIM 4161111026 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 11. NIM 4161111026 CHAPTER III.pdf] Text
11. NIM 4161111026 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (799kB)
[thumbnail of 12. NIM 4161111026 CHAPTER IV.pdf] Text
12. NIM 4161111026 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 13. NIM 4161111026 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM 4161111026 CHAPTER V.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of 14. NIM 4161111026 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM 4161111026 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of 15. NIM 4161111026 ENCLOSURE.pdf] Text
15. NIM 4161111026 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam penerapan teori Polya, (2) Menganalisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan masalah setelah diterapkan teori Polya. Metode penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI – IPA 6 di SMA Negeri 1 Kisaran. Pemilihan subjek dalam penelitian ini berdasarkan teknik Purposive Sampling. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diperoleh data bahwa (1) Tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas XI-IPA 6 di SMA Negeri 1 Kisaran dengan implementasi teori Polya diperoleh bahwa siswa yang sudah mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) sebanyak 29 orang atau sebesar 80,55% yang terbagi menjadi 4 kategori yaitu siswa dengan kategori Sangat Tinggi (A) sebesar 33,3%, siswa dengan kategori Tinggi (B) sebesar 47,2%, siswa dengan kategori Cukup (C) sebesar 13,9% dan siswa dengan kategori Sangat Rendah (D) sebesar 5,6%. Keempat kategori tersebut digolongkan menjadi tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang tinggi. (2) Adapun beberapa kesulitan yang dihadapi oleh siswa kelas XI-IPA 6 di SMA Negeri 1 Kisaran dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah yaitu kesulitan konsep seperti kesalahan siswa dalam menerapkan rumus pola bilangan segitiga dan menerapkan rumus suku ke-n dari barisan aritmatika. Kesulitan prinsip seperti kesalahan siswa dalam menggunakan sifat dari pola bilangan segitiga untuk menentukan nilai n dan salah dalam menentukan deret suatu barisan aritmatika dengan kategori yang dinyatakan. Kesulitan fakta seperti kesalahan siswa dalam mengubah soal kedalam model matematika. Kesulitan Prosedur seperti kesalahan siswa dalam melakukan operasi hitung saat menentukan baris ke-10 pada barisan aritmatika, salah dalam melakukan operasi saat menentukan jumlah tabungan dan salah dalam menentukan rasio dari barisan geometri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Analisis, Kemampuan Pemecahan Masalah, Teori Polya, Kesulitan Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 20 Oct 2025 02:30
Last Modified: 20 Oct 2025 02:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65384

Actions (login required)

View Item
View Item