Annisa, Adinda Nur (2022) PENGEMBANGAN BUKU PINTAR ELEKTRONIK BERBASIS PMRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VIII PADA MATERI LINGKARAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1. NIM 4183311057 COVER.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. NIM 4183311057 COVER.pdf
Download (244kB)
![[thumbnail of 2. NIM 4183311057 APPROVAL SHEET.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. NIM 4183311057 APPROVAL SHEET.pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of 3. NIM 4183311057 ABSTRACT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. NIM 4183311057 ABSTRACT.pdf
Download (537kB)
![[thumbnail of 4. NIM 4183311057 PREFACE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. NIM 4183311057 PREFACE.pdf
Download (530kB)
![[thumbnail of 5. NIM 4183311057 TABLE OF CONTENT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. NIM 4183311057 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (285kB)
![[thumbnail of 6. NIM 4183311057 ILLUSTRATION'.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. NIM 4183311057 ILLUSTRATION'.pdf
Download (421kB)
![[thumbnail of 7. NIM 4183311057 TABLES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. NIM 4183311057 TABLES.pdf
Download (255kB)
![[thumbnail of 8. NIM 4183311057 APPENDICES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. NIM 4183311057 APPENDICES.pdf
Download (255kB)
![[thumbnail of 9. NIM 4183311057 CHAPTER I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. NIM 4183311057 CHAPTER I.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 10. NIM 4183311057 CHAPTER II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. NIM 4183311057 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of 11. NIM 4183311057 CHAPTER III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. NIM 4183311057 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 12. NIM 4183311057 CHAPTER IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
12. NIM 4183311057 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
![[thumbnail of 13. NIM 4183311057 CHAPTER V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
13. NIM 4183311057 CHAPTER V.pdf
Download (535kB)
![[thumbnail of 14. NIM 4183311057 BIBLIOGRAPHY.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
14. NIM 4183311057 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (618kB)
![[thumbnail of 15. NIM 4183311057 ENCLOSURE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
15. NIM 4183311057 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (18MB)
Abstract
Kemampuan pemahaman konsep berperan penting sebagai dasar berpikir dan memecahkan persoalan yang akan menghasilkan teorema atau rumus. Berdasarkan fakta di lapangan, terlihat bahwasanya kemampuan pemahaman konsep siswa masih rendah diakibatkan siswa belum dapat menerapkan kaidahkaidah matematika dalam konteks kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh Buku Pintar Elektronik berbasis PMRI (Pendidikan Matematika Realistik Indonesia) dengan kategori valid, praktis, dan efektif sehingga mampu meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas VIII Terpadu-1 SMP Muhammadiyah 1 Medan sebanyak 35 orang dengan objek penelitian yaitu Buku Pintar Elektronik berbasis PMRI pada materi lingkaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria kevalidan dengan skor rata-rata validitas RPP yaitu 3,75 kategori „Sangat Valid‟ serta skor rata-rata validitas Buku Pintar Elektronik adalah 3,71 untuk materi dan 3,91 untuk media kategori „Sangat Valid‟; (2) Buku Pintar Elektronik memenuhi kriteria kepraktisan melalui: a) Hasil angket respon siswa dengan persentase kepraktisan 83% kategori „Sangat Praktis‟ dan b) Hasil angket respon guru dengan persentase kepraktisan 100% kategori „Sangat Praktis‟; (3) Proses jawaban siswa setelah menggunakan Buku Pintar Elektronik memiliki peningkatan kemampuan pemahaman konsep yang lebih baik dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan lingkaran sehingga dikategorikan efektif. Hal ini dilihat dari: a) Pencapaian ketuntasan belajar secara klasikal mengalami peningkatan yaitu 91,43% siswa mencapai nilai , b) Tercapainya indikator/tujuan pembelajaran dengan persentase ketuntasan belajar individual 82,86%, dan c) Waktu pembelajaran menggunakan Buku Pintar Elektronik sama dengan waktu pembelajaran biasa serta 83% siswa merespon positif Buku Pintar Elektronik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Buku Pintar Elektronik, Pendidikan Matematika Realistik Indonesia, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Lingkaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 17 Oct 2025 08:37 |
Last Modified: | 17 Oct 2025 08:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65375 |