Sitanggang, Yohana Gelora (2023) PENGARUH E-MODUL BERBASIS LKPD INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN CANVA TERHADAP HOTS LITERASI PADA MATERI LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1 NIM 4193331007 COVER.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1 NIM 4193331007 COVER.pdf
Download (202kB)
![[thumbnail of 2 NIM 4193331007 APRROVAL SHEET.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2 NIM 4193331007 APRROVAL SHEET.pdf
Download (853kB)
![[thumbnail of 3 NIM 4193331007 ABSTRACT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3 NIM 4193331007 ABSTRACT.pdf
Download (143kB)
![[thumbnail of 4 NIM 4193331007 PREFACE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4 NIM 4193331007 PREFACE.pdf
Download (186kB)
![[thumbnail of 5 NIM 4193331007 TABEL OF CONTENT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5 NIM 4193331007 TABEL OF CONTENT.pdf
Download (155kB)
![[thumbnail of 6 NIM 4193331007 ILLUSTRATION.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6 NIM 4193331007 ILLUSTRATION.pdf
Download (113kB)
![[thumbnail of 7 NIM 4193331007 TABLES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7 NIM 4193331007 TABLES.pdf
Download (114kB)
![[thumbnail of 8 NIM 4193331007 APPENDICES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8 NIM 4193331007 APPENDICES.pdf
Download (119kB)
![[thumbnail of 9 NIM 4193331007 CHAPTER I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9 NIM 4193331007 CHAPTER I.pdf
Download (306kB)
![[thumbnail of 10 NIM 4193331007 CHAPTER II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10 NIM 4193331007 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (992kB)
![[thumbnail of 11 NIM 4193331007 CHAPTER III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11 NIM 4193331007 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (471kB)
![[thumbnail of 12 NIM 4193331007 CHAPTER IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
12 NIM 4193331007 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (575kB)
![[thumbnail of 13 NIM 4193331007 CHAPTER V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
13 NIM 4193331007 CHAPTER V.pdf
Download (37kB)
![[thumbnail of 14 NIM 4193331007 BIBLIOGRAPHY.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
14 NIM 4193331007 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (407kB)
![[thumbnail of 15 NIM 4193331007 ENCLOSURE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
15 NIM 4193331007 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Secara global peserta didik harus memiliki keterampilan atau kecakapan di abad-21. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai HOTS literasi menggunakan e-modul berbasis LKPD inkuiri terbimbing berbantuan CANVA terhadap nilai yang dihipotesiskan yaitu sebesar 70 dan mendeskripsikan HOTS literasi kognitif yang paling terkembangkan. Jenis penelitian yaitu eksperimen dengan disain penelitian quasi-experimental (one group pretest-posttest) dan teknik pengambilan sampel berupa purposive sampling. Berdasarkan validitas instrumen tes diperoleh sebanyak 16 item tes (10 item soal aspek C4 penalaran, 5 item soal aspek C5 penalaran, dan 1 item soal aspek C6 penalaran) yang dinyatakan valid. Hasil perhitungan dari reliabilitas, data dikategorikan reliabel tinggi dengan nilai r11 sebesar 7.336 (r11 > rtabel). Pada perhitungan uji normalitas, data berdistribusi normal dengan (X2)hitung pretest sebesar 3.94 dan (X2)hitung posttest sebesar 10.81. Terdapat peningkatan HOTS literasi peserta didik yang dibuktikkan melalui perhitungan n-gain yang memperoleh nilai sebesar 0.7006 atau 70.06% (tinggi). Analisis uji hipotesis menunjukkan ha diterima atau melebihi yang dihipotesiskan (70), nilai thitung sebesar 6.79, dan ttabel sebesar 2.03 yang berada di luar daerah penerimaan ho dengan uji dua pihak dan nilai standar deviasi posttest sebesar 9.7. Serta analisis aspek HOTS literasi yang paling terkembangkan yaitu aspek C5 penalaran 71.81%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Keterampilan Abad-21; Model Inkuiri Terbimbing; CANVA; HOTS literasi; Laju Reaksi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 17 Oct 2025 08:09 |
Last Modified: | 17 Oct 2025 08:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65368 |