Ad’dhalia, Risa (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI TERMOKIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4191131011 COVER.pdf
Download (107kB)
2 NIM 4191131011 APPROVAL SHEET.pdf
Download (546kB)
3 NIM 4191131011 ABSTRACT.pdf
Download (273kB)
4 NIM 4191131011 PREFACE.pdf
Download (219kB)
5 NIM 4191131011 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (212kB)
6 NIM 4191131011 ILLUSTRATION.pdf
Download (179kB)
7 NIM 4191131011 TABLES.pdf
Download (182kB)
8 NIM 4191131011 APPENDICES.pdf
Download (184kB)
9 NIM 4191131011 CHAPTER I.pdf
Download (333kB)
10 NIM 4191131011 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
11 NIM 4191131011 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (649kB)
12 NIM 4191131011 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
13 NIM 4191131011 CHAPTER V.pdf
Download (210kB)
14 NIM 4191131011 BIBBLIOGRAPHY.pdf
Download (337kB)
15 NIM 4191131011 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (15MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi pada materi termokimia untuk kelas XI IPA SMAS Kartika I-2 Medan, untuk mengetahui LKPD berbasis PBL pada materi termokimia yang telah disusun sudah memenuhi ketercapaian tujuan pembelajaran dan kriteria kelayakan sesuai standar BSNP, dan untuk mengetahui tanggapan / respon guru dan siswa mengenai LKPD berbasis PBL yang telah disusun. Pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan metode R&D dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Instrumen yang digunakan adalah instrumen non-tes berupa angket BSNP yang telah dimodifikasi dan angket respon siswa dan guru terhadap LKPD yang telah dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang disusun telah memenuhi kriteria kelayakan menurut standar BSNP yang divalidasi oleh ahli materi dan ahli media yang merupakan dosen kimia UNIMED dengan memperoleh nilai rata-rata persentase dari ahli materi sebesar 80,78% dengan kriteria “layak” dan nilai rata-rata persentase dari ahli media sebesar 94,81% dengan kriteria “layak”. Adapun berdasarkan hasil respon guru terhadap LKPD yang dirancang didapatkan hasil dengan rata-rata persentase sebesar 94,17% dengan kriteria “layak” dan nilai rata – rata persentase dari hasil respon siswa sebesar 86,56% dengan kriteria “layak”. Sehingga secara keseluruhan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi layak digunakan dalam proses pembelajaran khususnya pada materi termokimia.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Pengembangan, lembar kerja peserta didik, berpikir tingkat tinggi, problem based learning, termokimia |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
| Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
| Date Deposited: | 17 Oct 2025 03:36 |
| Last Modified: | 17 Oct 2025 03:36 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65362 |
