PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI TERMOKIMIA

Ad’dhalia, Risa (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI TERMOKIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1 NIM 4191131011 COVER.pdf] Text
1 NIM 4191131011 COVER.pdf

Download (107kB)
[thumbnail of 2 NIM 4191131011 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2 NIM 4191131011 APPROVAL SHEET.pdf

Download (546kB)
[thumbnail of 3 NIM 4191131011 ABSTRACT.pdf] Text
3 NIM 4191131011 ABSTRACT.pdf

Download (273kB)
[thumbnail of 4 NIM 4191131011 PREFACE.pdf] Text
4 NIM 4191131011 PREFACE.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of 5 NIM 4191131011 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5 NIM 4191131011 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 6 NIM 4191131011 ILLUSTRATION.pdf] Text
6 NIM 4191131011 ILLUSTRATION.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of 7 NIM 4191131011 TABLES.pdf] Text
7 NIM 4191131011 TABLES.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of 8 NIM 4191131011 APPENDICES.pdf] Text
8 NIM 4191131011 APPENDICES.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of 9 NIM 4191131011 CHAPTER I.pdf] Text
9 NIM 4191131011 CHAPTER I.pdf

Download (333kB)
[thumbnail of 10 NIM 4191131011 CHAPTER II.pdf] Text
10 NIM 4191131011 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 11 NIM 4191131011 CHAPTER III.pdf] Text
11 NIM 4191131011 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (649kB)
[thumbnail of 12 NIM 4191131011 CHAPTER IV.pdf] Text
12 NIM 4191131011 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 13 NIM 4191131011 CHAPTER V.pdf] Text
13 NIM 4191131011 CHAPTER V.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 14  NIM 4191131011 BIBBLIOGRAPHY.pdf] Text
14 NIM 4191131011 BIBBLIOGRAPHY.pdf

Download (337kB)
[thumbnail of 15  NIM 4191131011 ENCLOSURE.pdf] Text
15 NIM 4191131011 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi pada materi termokimia untuk kelas XI IPA SMAS Kartika I-2 Medan, untuk mengetahui LKPD berbasis PBL pada materi termokimia yang telah disusun sudah memenuhi ketercapaian tujuan pembelajaran dan kriteria kelayakan sesuai standar BSNP, dan untuk mengetahui tanggapan / respon guru dan siswa mengenai LKPD berbasis PBL yang telah disusun. Pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan metode R&D dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Instrumen yang digunakan adalah instrumen non-tes berupa angket BSNP yang telah dimodifikasi dan angket respon siswa dan guru terhadap LKPD yang telah dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang disusun telah memenuhi kriteria kelayakan menurut standar BSNP yang divalidasi oleh ahli materi dan ahli media yang merupakan dosen kimia UNIMED dengan memperoleh nilai rata-rata persentase dari ahli materi sebesar 80,78% dengan kriteria “layak” dan nilai rata-rata persentase dari ahli media sebesar 94,81% dengan kriteria “layak”. Adapun berdasarkan hasil respon guru terhadap LKPD yang dirancang didapatkan hasil dengan rata-rata persentase sebesar 94,17% dengan kriteria “layak” dan nilai rata – rata persentase dari hasil respon siswa sebesar 86,56% dengan kriteria “layak”. Sehingga secara keseluruhan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi layak digunakan dalam proses pembelajaran khususnya pada materi termokimia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan, lembar kerja peserta didik, berpikir tingkat tinggi, problem based learning, termokimia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 17 Oct 2025 03:36
Last Modified: 17 Oct 2025 03:36
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65362

Actions (login required)

View Item
View Item