Purba, Rica Ariani (2023) ANALISIS HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS MACROMEDIA FLASH PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4193131012 COVER.pdf
Download (46kB)
2. NIM 4193131012 APPROVAL SHEET.pdf
Download (767kB)
3. NIM 4193131012 ABSTRACT.pdf
Download (262kB)
4. NIM 4193131012 PREFACE.pdf
Download (371kB)
5. NIM 4193131012 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (173kB)
6. NIM 4193131012 TABLES.pdf
Download (118kB)
7. NIM 4193131012 ILLUSTRATION.pdf
Download (117kB)
8. NIM 4193131012 APPENDICES.pdf
Download (119kB)
9. NIM 4193131012 CHAPTER I.pdf
Download (561kB)
10. NIM 4193131012 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (768kB)
11. NIM 4193131012 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (829kB)
12. NIM 4193131012 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (657kB)
13. NIM 4193131012 CHAPTER V.pdf
Download (121kB)
14. NIM 4193131012 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (374kB)
15. NIM 4193131012 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Prinsip pembelajaran abad ke-21 menggunakan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dimana guru maupun dosen berperan sebagai fasilitator. Selama proses pembelajaran guru maupun dosen harus mampu merancang strategi, model dan media pembelajaran yang tepat guna untuk menciptakan suasana yang mendorong dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran. Model Problem Based Learning dan Discovery Learning merupakan model yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa berbasis Macromedia Flash. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes dengan taraf kognitif C3-C5 dan instrumen non tes berupa angket motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar yang dibelajarkan dengan model PBL dan DL dan 2) Untuk mengetahui hubungan yang linear dan signifikan antara motivasi dan hasil belajar siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 dan MIPA 2 sebanyak 64 orang yang diambil dengan teknik random sampling. Metode yang digunakan adalah One – Group pre-test – post-test Design. Analisis data menggunakan uji t-dua pihak (Uji Independent Sample T-Test) dan uji korelasi (Uji Corelate Bivariate). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat perbedaan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model PBL dan DL. Dimana diperoleh hasil belajar siswa menggunakan model PBL (18,219±2,268) dan hasil belajar siswa menggunakan model DL (16,438±2,327) dengan nilai thit (3,101) > ttabel (2,00) dan nilai sig(0,003)<sig(0,05). 2) Terdapat korelasi yang linear dan signifikan antara motivasi dan hasil belajar siswa dimana pada model PBL diperoleh rhitung (0,773) > rtabel (0,349) dan model DL diperoleh rhitung (0,770) > rtabel (0,349) dengan nilai sig(0,000) < sig (0,05). Sehingga diperoleh kontribusi motivasi dengan menerapkan model Problem Based Learning sebesar 53,8% dan kontribusi motivasi dengan menerapkan model Discovery Learning sebesar 59,3%.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Problem Based Learning; Discovery Learning; Hasil Belajar; Motivasi Belajar; Kesetimbangan Kimia |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
| Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
| Date Deposited: | 17 Oct 2025 03:11 |
| Last Modified: | 17 Oct 2025 03:11 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65361 |
