Damanik, Mia Novrianti (2023) HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SMA PADA POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4193331040 COVER.pdf
Download (120kB)
2 NIM 4193331040 APPROVAL SHEET.pdf
Download (530kB)
3 NIM 4193331040 ABSTRACT.pdf
Download (283kB)
4 NIM 4193331040 PREFACE.pdf
Download (214kB)
5 NIM 4193331040 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (259kB)
6 NIM 4193331040 ILLUSTRATION.pdf
Download (114kB)
7 NIM 4193331040 TABLES.pdf
Download (114kB)
8 NIM 4193331040 APPENDICES.pdf
Download (183kB)
9 NIM 4193331040 CHAPTER I.pdf
Download (385kB)
10 NIM 4193331040 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
11 NIM 4193331040 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (691kB)
12 NIM 4193331040 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (775kB)
13 NIM 4193331040 CHAPTER V.pdf
Download (114kB)
14 NIM 4193331040 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (304kB)
15 NIM 4193331040 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan yang linier dan signifikan antara kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar kimia siswa, apakah ada hubungan yang linier dan signifikan antara kemandirian belajar siswa dengan hasil belajar kimia siswa, dan apakah ada hubungan yang linier dan signifikan antara kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar dengan hasil belajar kimia siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Swasta Free Methodist Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Swasta Free Methodist Medan. Penelitian diambil satu kelas secara purposive. Penelitian ini menggunakan instrumen tes dan instrumen non tes yang divalidasi oleh validator ahli instrumen. Berdasarkan uji regresi linieritas, hipotesis pertama dapat disimpulkan ada hubungan yang linier dan signifikan antara kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar kimia dengan nilai korelasi 0,77. Dari hasil hipotesis kedua diperoleh kesimpulan bahwa ada hubungan yang linier dan signifikan antara kemandirian belajar siswa dengan hasil belajar kimia dengan nilai korelasi sebesar 0,44. Selanjutnya dari hasil uji hipotesis ketiga diperoleh ada hubungan yang linier dan signifikan antara kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar dengan hasil belajar kimia siswa, dimana kontribusinya sebesar 78,5%
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Kemampuan Berpikir Kritis, Kemandirian Belajar Siswa, Hasil Belajar Kimia, Ikatan Kimia |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
| Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
| Date Deposited: | 16 Oct 2025 09:08 |
| Last Modified: | 16 Oct 2025 09:08 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65351 |
