Fitria, Hizratul (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT BERBANTUAN KARTU BERBASIS POWERPOINT PADA MATERI IKATAN KIMIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1. NIM 4191131013 COVER.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. NIM 4191131013 COVER.pdf
Download (71kB)
![[thumbnail of 2. NIM 4191131013 APPROVAL SHEET.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. NIM 4191131013 APPROVAL SHEET.pdf
Download (313kB)
![[thumbnail of 3. NIM 4191131013 ABSTRACT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. NIM 4191131013 ABSTRACT.pdf
Download (90kB)
![[thumbnail of 4. NIM 4191131013 PREFACE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. NIM 4191131013 PREFACE.pdf
Download (137kB)
![[thumbnail of 5. NIM 4191131013 TABLE OF CONTENT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. NIM 4191131013 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (116kB)
![[thumbnail of 6. NIM 4191131013 ILLUSTRATION.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. NIM 4191131013 ILLUSTRATION.pdf
Download (58kB)
![[thumbnail of 7. NIM 4191131013 TABLES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. NIM 4191131013 TABLES.pdf
Download (58kB)
![[thumbnail of 8. NIM 4191131013 APPENDICES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. NIM 4191131013 APPENDICES.pdf
Download (86kB)
![[thumbnail of 9. NIM 4191131013 CHAPTER I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. NIM 4191131013 CHAPTER I.pdf
Download (227kB)
![[thumbnail of 10. NIM 4191131013 CHAPTER II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. NIM 4191131013 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (869kB)
![[thumbnail of 11. NIM 4191131013 CHAPTER III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. NIM 4191131013 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (538kB)
![[thumbnail of 12. NIM 4191131013 CHAPTER IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
12. NIM 4191131013 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (722kB)
![[thumbnail of 13. NIM 4191131013 CHAPTER V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
13. NIM 4191131013 CHAPTER V.pdf
Download (87kB)
![[thumbnail of 14. NIM 4191131013 BIBLIOGRAPHY.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
14. NIM 4191131013 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (164kB)
![[thumbnail of 15. NIM 4191131013 ENCLOSURE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
15. NIM 4191131013 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan kartu berbasis PowerPoint pada materi ikatan kimia terhadap hasil belajar siswa dan untuk mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan kartu berbasis PowerPoint pada materi ikatan kimia. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experimen atau eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA di SMA Negeri 15 Medan. Sampel diambil secara purposive sampling sebanyak 2 kelas. Perlakuan kedua kelas sampel dibedakan dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dikelas eksperimen sedangkan dikelas control menggunakan model pembelajaran konvensional dengan media yang sama. Instrumen yang digunakan adalah insrumen tes pilihan berganda sebanyak 20 soal dan non tes berupa angket respon siswa. Data dianalisis dengan uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis dua pihak. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan kartu berbasis PowerPoint terhadap hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia dimana nilai rata-rata siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan kartu berbasis PowerPoint terhadap hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia secara signifikan lebih tinggi sebesar 81,11 di kelas eksperimen dari pada nilai rata-rata siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional berbantuan kartu berbasis PowerPoint terhadap hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia sebesar 73,75 di kelas kontrol. Selanjutnya ada pengaruh respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan kartu berbasis PowerPoint terhadap hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia dimana nilai rata-rata persentase siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan kartu berbasis PowerPoint terhadap hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia secara signifikan lebih tinggi sebesar 89,05% kategori sangat baik di kelas eksperimen dari pada nilai rata-rata persentase siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional berbantuan kartu berbasis PowerPoint terhadap hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia sebesar 74,94% kategori baik di kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model TGT, Kartu berbasis PowerPoint, Hasil Belajar, Respon Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 16 Oct 2025 08:45 |
Last Modified: | 16 Oct 2025 08:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65347 |