Hutagalung, Yusfika Ariati (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERBASIS HOTS PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS DI SMA NEGERI 7 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4173121054 COVER.pdf
Download (44kB)
2. NIM 4173121054 APPROVAL SHEET.pdf
Download (391kB)
4. NIM 4173121054 ABSTRACT.pdf
Download (213kB)
3. NIM 4173121054 PREFACE.pdf
Download (315kB)
5. NIM 4173121054 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (152kB)
6. NIM 4173121054 TABLE.pdf
Download (43kB)
7. NIM 4173121054 ILLUSTRATION.pdf
Download (39kB)
8. NIM 4173121054 APPENDICES.pdf
Download (41kB)
9. NIM 4173121054 CHAPTER I.pdf
Download (292kB)
10. NIM 4173121054 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
11. NIM 4173121054 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (916kB)
12. NIM 4173121054 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
13. NIM 4173121054 CHAPTER V.pdf
Download (44kB)
14. NIM 4173121054 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (226kB)
15. NIM 4173121054 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangan instrumen tes berbasis HOTS pada materi momentum dan impuls yang layak berdasarkan validitas, reliabilitas, daya pembeda, tingkat kesukaran, dan efektivitas pengecoh di SMA Negeri 7 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Dessiminate). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket validasi ahli, instrumen HOTS, dan angket respon peserta didik. Uji validasi ahli dilakukan kepada 3 orang ahli, uji kelompok kecil dilakukan kepada 10 peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 7 Medan dan uji kelompok besar dilakukan kepada 30 peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 7 Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan validasi ahli, 25 butir soal dinyatakan valid. Berdasarkan implementasi uji kelompok besar diperoleh 12 (57%) soal valid, reliabel dengan nilai 0,77 dengan kategori reliabilitas tinggi, daya pembeda soal antara 0,4 sampai 0,47, tingkat kesukaran soal antara 0,1 sampai 0,76 dan efektivitas pengecoh soal rata- rata kategori baik. Instrumen tes yang telah dikembangkan mendapat respon peserta didik sebesar 81,1 % dengan kategori sangat baik.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | 4D (Define, Design, Develop, Dessiminate), HOTS, Validitas, Reliabilitas, Daya beda, Tingkat kesukaran |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
| Date Deposited: | 16 Oct 2025 04:20 |
| Last Modified: | 16 Oct 2025 04:20 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65345 |
