Nasution, Elvida Liani PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS MULTIMEDIA WEBVIEW UNTUK MATA PELAJARAN SEJARAH MATERI MASA KEPENDUDUKAN JEPANG DI INDONESIA KELAS XI DI SMA SWASTA DHARMA BAKTI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3161121012 COVER.pdf
Download (47kB)
2. NIM. 3161121012 APPROVAL SHEET.pdf
Download (670kB)
3. NIM. 3161121012 ABSTRACT.pdf
Download (114kB)
4. NIM. 3161121012 PREFACE.pdf
Download (240kB)
5. NIM. 3161121012 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (141kB)
6. NIM. 3161121012 TABLES.pdf
Download (114kB)
7. NIM. 3161121012 ILLUSTRATION.pdf
Download (114kB)
8. NIM. 3161121012 APPENDICES.pdf
Download (111kB)
9. NIM. 3161121012 CHAPTER I.pdf
Download (285kB)
10. NIM. 3161121012 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (489kB)
11. NIM. 3161121012 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (691kB)
12. NIM. 3161121012 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
13. NIM. 3161121012 CHAPTER V.pdf
Download (141kB)
14. NIM. 3161121012 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (143kB)
15. NIM. 3161121012 ENCLOSURE.pdf
Download (4MB)
Abstract
Bahan ajar dalam dunia pendidikan merupakan suatu kebutuhan pokok dalam pembelajaran. Jika pelaksanaan pembelajaran bermutu maka akan dihasilkan output yang berkualitas. Bahan ajar atau yang sering disebut Modul lebih bersifat mandiri artinya dengan adanya modul siswa dapat belajar tanpa harus tatap muka dengan guru. Perubahan pola pembelajaran saat ini terlihat masih masif dilakukan di semua jenjang pendidikan akibat pandemi Covid-19. Hal ini disebabkan adanya keyakinan bahwa pembelajaran yang dilaksanakan akan tidak efektif. Untuk mempertahankan minat dan motivasi siswa terhadap pembelajarannya perlu adanya media pembelajaran yang menarik dan efektif. E-modul Interaktif berbasis multimedia webview mempunyai potensi untuk dijadikan bahan ajar yang dapat melatih kemandirian siswa dalam belajar, sehingga siswa dapat dengan mudah belajar dimana saja dan kapan saja dalam memahami materi pembelajaran sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk e-modul interaktif berbasis multimedia webview yang layak dan efektif untuk mata pelajaran sejarah materi masa kependudukan Jepang di Indonesia. Metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan atau Research & Development (R&D). Adapun tahapan penelitian ini mengikuti model pengembangan Sugiyono. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Dharma Bakti Medan Teknik pengumpulan data berupa angket atau kuesioner, sedangkan teknik analisis data menggunakan perhitungan persentase dan rata-rata. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media yang dikembangkan telah memenuhi syarat dan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil validasi ahli materi dan ahli media masing-masing memperoleh presentase 94%, 86%. Untuk hasil uji coba kelompok kecil dan sedang memeproleh presentase 93%, 95%. Sementara hasil uji coba kelompok besar memperoleh presentase 91%. Sehingga dapat disimpulkan bahwasannya E-Modul interaktif berbasis multimedia webview layak digunakan sebagai media pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Pengembangan, E-modul interaktif, R&D. |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
| Depositing User: | Mr Setiady Setiady |
| Date Deposited: | 17 Oct 2025 01:51 |
| Last Modified: | 17 Oct 2025 01:51 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65320 |
