Hubungan Minat Masuk Pendidikan Kejuruan Dan Disiplin Belajar Dengan Hasil Belajar Menggambar Teknik Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Pemesinan Di SMK N 2 Medan Tahun Ajaran 2018/2019

Simanullang, Sehat Manahat (2019) Hubungan Minat Masuk Pendidikan Kejuruan Dan Disiplin Belajar Dengan Hasil Belajar Menggambar Teknik Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Pemesinan Di SMK N 2 Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5142121007 COVER.pdf] Text
1. NIM. 5142121007 COVER.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of 2. NIM. 5142121007 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM. 5142121007 APPROVAL SHEET.pdf

Download (221kB)
[thumbnail of 3. NIM. 5142121007 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM. 5142121007 ABSTRACT.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 4. NIM. 5142121007 PREFACE.pdf] Text
4. NIM. 5142121007 PREFACE.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of 5. NIM. 5142121007 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM. 5142121007 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of 6. NIM. 5142121007 TABLES.pdf] Text
6. NIM. 5142121007 TABLES.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 7. NIM. 5142121007 ILLUSTRATION.pdf] Text
7. NIM. 5142121007 ILLUSTRATION.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 8. NIM. 5142121007 APPENDICES.pdf] Text
8. NIM. 5142121007 APPENDICES.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 9. NIM. 5142121007 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM. 5142121007 CHAPTER I.pdf

Download (305kB)
[thumbnail of 10. NIM. 5142121007 CHAPTER II.pdf] Text
10. NIM. 5142121007 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (828kB)
[thumbnail of 11. NIM. 5142121007 CHAPTER III.pdf] Text
11. NIM. 5142121007 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (765kB)
[thumbnail of 12. NIM. 5142121007 CHAPTER IV.pdf] Text
12. NIM. 5142121007 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (787kB)
[thumbnail of 13. NIM. 5142121007 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM. 5142121007 CHAPTER V.pdf

Download (286kB)
[thumbnail of 14. NIM. 5142121007 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM. 5142121007 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of 15. NIM. 5142121007 ENCLOSURE.pdf] Text
15. NIM. 5142121007 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya Hubungan minat Masuk Pendidikan Kejuruan dan Disiplin Belajar secara bersama-sama dengan Hasil Belajar Menggambar Teknik siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Metode penelitian bersifat deskriptif kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas X kompetensi keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Medan berjumlah 65 orang. Dalam hal ini, sampel penelitian adalah 56 orang siswa kelas X yang ditentukan dengan metode proporsional random sampling atau tabel kriejec morgan. Data penelitian ini dikumpulkan dengan angket dan tes objektif, dimana data penelitian yang dijaring dengan angket adalah variabel Minat Masuk Pendidikan Kejuruan dan Disiplin Belajar Siwa. Sedangkan untuk variabel Hasil Belajar Mata Pelajaran Menggambar Teknik dijaring dengan menggunakan tes objektif berbentuk pilihan berganda. Jumlah instrumen angket Minat Masuk Pendidikan Kejuruan sebanyak 30 soal dan 25 soal yang valid dengan reliabilitas 0,892 tergolong sangat tinggi. Sedangkan jumlah instrumen angket Disiplin Belajar Siswa sebanyak 30 soal dan 24 soal yang valid dengan reliabilitas 0,894 dan tergolong sangat tinggi. Sedangkan jumlah instrumen tes hasil belajar mata pelajaran Menggambar Teknik sebanyak 40 soal dan 31 soal yang valid dengan reliabilitas 0,861 dan tergolong kriteria tinggi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil analisis regresi sebagai berikut : Fh = 19,43 harga Ft = 3,16 pada taraf kesalahan 5%, sehingga Fh > Ft (19,43 ≥ 3,16). Bahwa persamaan regresi Y = 2,3 + 0,686 X1 + 0, 28 X2 dapat dipertanggungjawabkan untuk menarik kesimpulan mengenai hubungan hubungan antara Minat Masuk Pendidikan Kejuruan dan Disiplin Belajar Siswa secara bersama-sama terhadap Hasil Belajar Menggambar Teknik. Dengan demikian hipotesis terdapat hubungan yang positif dan berarti antara Minat Masuk Pendidikan Kejuruan dan Disiplin Belajar Siswa secara bersama-sama terhadap Hasil Belajar Menggambar Teknik dari siswa Kelas X SMK N 2 Medan dapat diterima sebesar r = 0,613, menggunakan rumus product moment pada taraf kesalahan 5%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Minat Masuk Pendidikan Kejuruan; Disiplin Belajar; Hasil Belajar
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 14 Oct 2025 01:51
Last Modified: 14 Oct 2025 01:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65302

Actions (login required)

View Item
View Item