PENGEMBANGAN E-HANDOUT PEMBELAJARAN FISIKA BERBANTUAN CANVA PADA MATERI FLUIDA DINAMIS KELAS XI SMA/MA

Sitorus, Khairiah Sari (2025) PENGEMBANGAN E-HANDOUT PEMBELAJARAN FISIKA BERBANTUAN CANVA PADA MATERI FLUIDA DINAMIS KELAS XI SMA/MA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193321025_Cover.pdf] Text
4193321025_Cover.pdf

Download (250kB)
[thumbnail of 4193321025_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193321025_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (278kB)
[thumbnail of 4193321025_Abstrak.pdf] Text
4193321025_Abstrak.pdf

Download (514kB)
[thumbnail of 4193321025_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193321025_Kata_Pengantar.pdf

Download (521kB)
[thumbnail of 4193321025_Daftar_Isi.pdf] Text
4193321025_Daftar_Isi.pdf

Download (529kB)
[thumbnail of 4193321025_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193321025_Daftar_Gambar.pdf

Download (463kB)
[thumbnail of 4193321025_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193321025_Daftar_Tabel.pdf

Download (464kB)
[thumbnail of 4193321025_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193321025_Daftar_Lampiran.pdf

Download (465kB)
[thumbnail of 4193321025_BAB_I.pdf] Text
4193321025_BAB_I.pdf

Download (606kB)
[thumbnail of 4193321025_BAB_II.pdf] Text
4193321025_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 4193321025_BAB_III.pdf] Text
4193321025_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 4193321025_BAB_IV.pdf] Text
4193321025_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 4193321025_BAB_V.pdf] Text
4193321025_BAB_V.pdf

Download (518kB)
[thumbnail of 4193321025_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193321025_Daftar_Pustaka.pdf

Download (390kB)
[thumbnail of 4193321025_Lampiran.pdf] Text
4193321025_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Handout pembelajaran fisika berbantuan Canva pada materi fluida dinamis fisika yang ditinjau dari tingkat kelayakan, kepraktisan, serta keefektifan dari E-Handout. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu rendahnya motivasi belajar siswa dalam pembelajaran fisika, kurangnya penggunaan bahan ajar yang inovatif, serta belum optimalnya ketuntasan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri 5 tahapan, yaitu : analyze, design, development, implementasi, dan evaluation. Model ini dipilih karena model ini sering digunakan yang mana pada tahapan model ini dapat menggambarkan pendekatan sistematis untuk pengembangan produk. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII MAS Islamiyah Gunting Saga, dengan sampel uji coba yang diambil dari kelas XII MIA. Data yang dikumpulkan meliputi data kuantitatif dan kualitatif, yang diperoleh melalui angket penilaian dari ahli, guru, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-Handout yang dikembangkan memiliki tingkat kelayakan yang sangat baik dengan persentase rata-rata penilaian guru sebesar 95,71% dan respon siswa sebesar 70%. Selain itu, E-Handout ini juga dinyatakan sangat efektif dengan skor N-Gain sebesar 0,73, yang menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa dan nilai rata – rata posttest sudah mencapai nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Kesimpulan dari penelitian ini ialah pengembangan E-Handout pembelajaran fisika sudah sangat layak digunakan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 530.071
Keywords: E-Handout, Canva, & Fluida Dinamis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 09 Oct 2025 06:38
Last Modified: 09 Oct 2025 06:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65265

Actions (login required)

View Item
View Item