Hertika, Indri (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM SOLVING BERBANTUAN HEYZINE FLIPBOOK PADA MATERI KINEMATIKA GERAK LURUS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA N I BILAH HULU. Undergraduate thesis, UNIMED.
4213121004_Cover.pdf
Download (213kB)
4213121004_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
4213121004_Abstrak.pdf
Download (836kB)
4213121004_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
4213121004_Daftar_Isi.pdf
Download (457kB)
4213121004_Daftar_Gambar.pdf
Download (290kB)
4213121004_Daftar_Tabel.pdf
Download (311kB)
4213121004_Daftar_Lampiran.pdf
Download (311kB)
4213121004_BAB_I.pdf
Download (637kB)
4213121004_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
4213121004_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
4213121004_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
4213121004_BAB_V.pdf
Download (399kB)
4213121004_Daftar_Pustaka.pdf
Download (970kB)
4213121004_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (13MB)
Abstract
Penelilian ini bertuiuan untuk mengembangkan elnodul fisika berbasis problem solving dan menganalisis kelayakan, kepraktisan, dan peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi kinematika gerak lurus di kelas XI SMA Negeri I Bilah Hulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE, yang terdiri dari: Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluasi. Su12iek penelilian yaitu ahli media, ahli materi, ahli pembelajaran, guru mata pelajaran fisika, dan peserta didik kelas XI-2 SMA Negeri I Bilah Hulu. Hasil penelitian uji kelayakan yang dikembangkan dikategorikan "sangat layak" dengan memperoleh nilai rata-rata sebesar 85% berdasarkan hasil validasi materi, 88,9% berdasarkan hasil validasi media, 96,6% berdasarkan hasil validasi pemhelgiaran, dan 96,6% berdasarkan hasil validasi guru pelajaran. E-modul juga dikategorikan "sangat praktis" dengan memperoleh nilai rata-rata sebesar 90,61% berdasarkan uji coba yang dilakukan pada 29 siswa kelas XI-2. Peningkatan hasil belajar siswa dinilai melalui pretest dan posttest menunjukkan skor N-gain sebesar 0.70 dengan kategori "tinggi", dengan nilai rala-rata pretest 33,8 dan posttest 80. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa e-modul tisika berbasis problem solving layak, praktis, dan meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kinematika gevak lurus.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Additional Information: | 507.1 |
| Keywords: | E-Modul, Problem Solving, Kinematika Gerak Lurus, Hasil Belajar |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
| Date Deposited: | 09 Oct 2025 04:53 |
| Last Modified: | 09 Oct 2025 04:53 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65262 |
