Handayani, Fitri (2024) PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK UNTUK KELAS XI DI SMA NEGERI 7 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4203321021_Cover.pdf
Download (215kB)
4203321021_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (334kB)
4203321021_Abstrak.pdf
Download (299kB)
4203321021_Kata_Pengantar.pdf
Download (356kB)
4203321021_Daftar_Isi.pdf
Download (458kB)
4203321021_Daftar_Gambar.pdf
Download (469kB)
4203321021_Daftar_Tabel.pdf
Download (184kB)
4203321021_Daftar_Lampiran.pdf
Download (185kB)
4203321021_BAB_I.pdf
Download (614kB)
4203321021_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
4203321021_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (901kB)
4203321021_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
4203321021_BAB_V.pdf
Download (373kB)
4203321021_Daftar_Pustaka.pdf
Download (625kB)
4203321021_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul fisika berbasis inkuiri terbimbing pada materi pokok alat-alat optik yang layak untuk diterapkan dalam proses pembelajaran fisika di sekolah dan mengetahui respon peserta didik setelah menggunakan modul yang dikembangkan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 7 Medan yang berjumlah 34 orang siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) menggunakan 4D Models. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket validasi ahli materi dan ahli media, angket penilaian guru bidang studi fisika, angket penilaian ahli strategi pembelajaran dan angket respon peserta didik terhadap modul fisika berbasis inkuiri terbimbing pada materi pokok alat-alat optik. Hasil analisis data diperoleh validasi ahli materi sebesar 98,48%, ahli media 85,10%, penilaian guru fisika sebesar 99,48% dan penilaian ahli strategi pembelajaran sebesar 83,33% dengan masing-masing presentese tersebut termasuk dalam kategori sangat valid. Respon peserta didik pada uji coba dengan sampel 34 orang siswa sebesar 91,17% termasuk dalam kriteria sangat praktis. Sehingga berdasarkan hasil validasi, penilaian guru fisika dan respon peserta didik dapat disimpulkan modul fisika berbasis inkuiri terbimbing pada materi pokok alat-alat optik layak digunakan dalam proses pembelajaran di SMA.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Additional Information: | 371.3 |
| Keywords: | Pengembangan, Modul, Inkuiri Terbimbing, Alat-Alat Optik |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
| Date Deposited: | 09 Oct 2025 04:33 |
| Last Modified: | 09 Oct 2025 04:33 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65260 |
