Siregar, Ade Rahmadi (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA BERBASIS LABORATORIUM PADA POKOK BAHASAN GERAK PARABOLA DI MAN 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4193121033_Cover.pdf
Download (61kB)
4193121033_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (585kB)
4193121033_Abstrak.pdf
Download (131kB)
4193121033_Kata_Pengantar.pdf
Download (183kB)
4193121033_Daftar_Isi.pdf
Download (90kB)
4193121033_Daftar_Gambar.pdf
Download (55kB)
4193121033_Daftar_Tabel.pdf
Download (56kB)
4193121033_Daftar_Lampiran.pdf
Download (57kB)
4193121033_BAB_I.pdf
Download (303kB)
4193121033_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (959kB)
4193121033_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (717kB)
4193121033_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (801kB)
4193121033_BAB_V.pdf
Download (83kB)
4193121033_Daftar_Pustaka.pdf
Download (204kB)
4193121033_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes berbasis laboratorium untuk mengukur keterampilan berpikir kritis siswa pada pokok bahasan gerak parabola. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau dikenal dengan Research and Development dengan menggunakan model ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation dalam mengembangkan instrumen tes. Subjek dalam penelitian in adalah siswa kelas XI F 1C MAN 2 Medan. Pengujian validasi isi yang dilakukan oleh 2 validator ahli untuk menguji aspek materi, konstruksi, dan bahasa. Validitas butir soal yang diperoleh adalah sebanyak 8 soal valid dengan reliabilitas sangat tinggi yaitu 0.868, daya beda 6 dari 8 diterima dan tingkat kesukaran sedang sebanyak 7 soal dan 1 soal sukar. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada instrumen tes yang dikembangkan, diketahui tingkat keterampilan berpikir kritis siswa tergolong pada kategori baik dengan indikator menganalisis data 67%, mengevaluasi metode 46%, menganalisis kesimpulan 67%, dan mengusulkan langkah selanjutnya 65%. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan yang telah dianalisis dapat disimpulkan bahwasanya instrumen tes keterampilan berpikir kritis berbasis laboratorium ini dikatakan layak untuk digunakan dalam mengukur keterampilan berpikir kritis siswa.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Additional Information: | 371.26 |
| Keywords: | Penelitian Pengembangan; Instrumen Tes; Keterampilan Berpikir Kritis; Berbasis Laboratorium |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations R Medicine > RB Pathology > RB37 Clinical pathology. Laboratory technique |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
| Date Deposited: | 08 Oct 2025 07:31 |
| Last Modified: | 08 Oct 2025 07:31 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65247 |
