PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA BERBASIS LABORATORIUM PADA POKOK BAHASAN GERAK PARABOLA DI MAN 2 MEDAN

Siregar, Ade Rahmadi (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA BERBASIS LABORATORIUM PADA POKOK BAHASAN GERAK PARABOLA DI MAN 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193121033_Cover.pdf] Text
4193121033_Cover.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 4193121033_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193121033_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (585kB)
[thumbnail of 4193121033_Abstrak.pdf] Text
4193121033_Abstrak.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of 4193121033_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193121033_Kata_Pengantar.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of 4193121033_Daftar_Isi.pdf] Text
4193121033_Daftar_Isi.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of 4193121033_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193121033_Daftar_Gambar.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of 4193121033_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193121033_Daftar_Tabel.pdf

Download (56kB)
[thumbnail of 4193121033_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193121033_Daftar_Lampiran.pdf

Download (57kB)
[thumbnail of 4193121033_BAB_I.pdf] Text
4193121033_BAB_I.pdf

Download (303kB)
[thumbnail of 4193121033_BAB_II.pdf] Text
4193121033_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (959kB)
[thumbnail of 4193121033_BAB_III.pdf] Text
4193121033_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (717kB)
[thumbnail of 4193121033_BAB_IV.pdf] Text
4193121033_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (801kB)
[thumbnail of 4193121033_BAB_V.pdf] Text
4193121033_BAB_V.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of 4193121033_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193121033_Daftar_Pustaka.pdf

Download (204kB)
[thumbnail of 4193121033_Lampiran.pdf] Text
4193121033_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes berbasis laboratorium untuk mengukur keterampilan berpikir kritis siswa pada pokok bahasan gerak parabola. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau dikenal dengan Research and Development dengan menggunakan model ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation dalam mengembangkan instrumen tes. Subjek dalam penelitian in adalah siswa kelas XI F 1C MAN 2 Medan. Pengujian validasi isi yang dilakukan oleh 2 validator ahli untuk menguji aspek materi, konstruksi, dan bahasa. Validitas butir soal yang diperoleh adalah sebanyak 8 soal valid dengan reliabilitas sangat tinggi yaitu 0.868, daya beda 6 dari 8 diterima dan tingkat kesukaran sedang sebanyak 7 soal dan 1 soal sukar. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada instrumen tes yang dikembangkan, diketahui tingkat keterampilan berpikir kritis siswa tergolong pada kategori baik dengan indikator menganalisis data 67%, mengevaluasi metode 46%, menganalisis kesimpulan 67%, dan mengusulkan langkah selanjutnya 65%. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan yang telah dianalisis dapat disimpulkan bahwasanya instrumen tes keterampilan berpikir kritis berbasis laboratorium ini dikatakan layak untuk digunakan dalam mengukur keterampilan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 371.26
Keywords: Penelitian Pengembangan; Instrumen Tes; Keterampilan Berpikir Kritis; Berbasis Laboratorium
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations
R Medicine > RB Pathology > RB37 Clinical pathology. Laboratory technique
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 08 Oct 2025 07:31
Last Modified: 08 Oct 2025 07:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65247

Actions (login required)

View Item
View Item