AZIMI, FAUZUL (2019) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Dasar-Dasar Kelistrikan (DDK) Kelas X Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik (Titl) Di Smk Negeri Binaan Provinsi Sumatera Utara. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 5141131007 COVER.pdf
Download (57kB)
02. NIM 5141131007 APPROVAL SHEET.pdf
Download (707kB)
03. NIM 5141131007 ABSTRACT.pdf
Download (136kB)
04. NIM 5141131007 PREFACE.pdf
Download (239kB)
05. NIM 5141131007 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (241kB)
06. NIM 5141131007 ILLUSTRATION.pdf
Download (174kB)
07. NIM 5141131007 TABLES.pdf
Download (178kB)
08. NIM 5121131001 APPENDICES.pdf
Download (37kB)
09. NIM 5141131007 CHAPTER I.pdf
Download (203kB)
10. NIM 5141131007 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (776kB)
11. NIM 5141131007 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (830kB)
12. NIM 5141131007 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (841kB)
13. NIM 5141131007 CHAPTER V.pdf
Download (62kB)
14. NIM 5141131007 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (62kB)
15. NIM 5141131007 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar Dasar-Dasar Kelistrikan dengan menggunakan media pembelajaran Crocodile pada siswa kelas X SMK berbeda secara signifikan. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) di UPTD SMK Negeri Binaan Provinsi Sumatera Utara pada Tahun Ajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X TITL UPTD SMK Negeri Binaan Provinsi Sumatera Utara, dengan sampel kelas X-TITL-2 sebagai kelas eksperimen sebanyak 30 siswa dan X-TITL 1 sebagai kelas kontrol sebanyak 29 siswa. Metode pemilihan sampel penelitian dengan cara mencari tingkat homogenitas tiap kelas. Proses pengumpulan data menggunakan metode tes, yaitu pengumpulan data menggunakan tes awal (pre test) dan tes akhir (post-test) setelah diberikan perlakuan (treatment). Untuk menguji normalitas data digunakan uji liliefors pada taraf kepercayaan (α)= 0,05. Uji validitas instrumen dilakukan dengan validitas isi dan untuk instrumen tes hasil belajar dihitung dengan rumus Kuder-Richardsoni (KR-20). Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji-t satu arah kanan dengan dua sampel independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata post-test hasil belajar Dasar Dasar Kelistrikn kelas eksperimen yaitu 84,96 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 77,68. Hasil uji-t satu arah kanan juga menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel = 5,4005 > 1,672. Artinya ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa kelas eksperimen dengan siswa kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan kelas siswa yang diajar menggunakn Crocodile lebih baik dari hasil belajar kelas siswa yang diajar tanpa menggunakan media pembelajaran Crocodile.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Media Pembelajaran Crocodile; Dasar-Dasar Kelistrikan; Hasil Belajar |
| Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 02 Oct 2025 08:03 |
| Last Modified: | 02 Oct 2025 08:03 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65240 |
