-, Satriyo (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN MODEL SCIENTIFIC TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRK DI SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM. 5133331022. COVER.pdf
Download (42kB)
02. NIM. 5133331022. APPROVAL SHEET.pdf
Download (721kB)
03. NIM. 5133331022. ABSTRACT.pdf
Download (112kB)
04. NIM. 5133331022. PREFACE.pdf
Download (204kB)
05. NIM. 5133331022. TABLE OF CONTENT.pdf
Download (165kB)
06. NIM. 5133331022. TABBLES.pdf
Download (110kB)
07. NIM. 5133331022. ILLUSTRATION.pdf
Download (110kB)
08. NIM. 5133331022. CHAPTER I.pdf
Download (330kB)
09. NIM. 5133331022. CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (731kB)
10. NIM. 5133331022. CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (692kB)
11. NIM. 5133331022. CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (497kB)
12. NIM. 5133331022. CHAPTER V.pdf
Download (233kB)
13. NM. 5133331022. BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (248kB)
14. NIM. 5133331022. ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Model Scientific Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Teknik Instalasi Tenaga Listrk (TITL) Di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan pada tahun ajaran 2018/2019. Populasi Penelitian ini adalah siswa kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) berjumlah 95 orang. Teknik Sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teknik Area (Cluster) yaitu kelas XI-1 TITL sebagai kelas eksperimen memiliki 31 siswa dan kelas XI-2 TITL sebagai kelas kontrol memiliki 32 siswa. Soal yang dinyatakan valid sebanyak 28 butir soal dari 40 soal yang diujikan sebagai instrumen berbentuk soal pilihan ganda. Hasil dari penelitian memperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 78,69 dan kelas kontrol sebesar 61,72. Pengujian hipotesis menggunakan uji t satu pihak yaitu pihak kanan pada taraf signifikan 5% memperoleh hasil thitung = 6,13 > ttabel = 1,67. Kelas eksperimen adalah kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran Scientific dan kelas kontrol adalah kelas yang diajarkan dengan model pembelajaran Ekspositori. Hasil Penelitian ini menyimpulkan bahwa hasil belajar siswa di kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Scientific lebih tinggi dari hasil belajar siswa di kelas kontrol menggunakan model pembelajaran ekspositori.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Model Scientific; Ekspositori; Hasil Belajar |
| Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 02 Oct 2025 07:51 |
| Last Modified: | 02 Oct 2025 07:51 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65237 |
