PENGARUH PEMBELAJARAN MODEL SCIENTIFIC TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRK DI SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN

-, Satriyo (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN MODEL SCIENTIFIC TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRK DI SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. NIM. 5133331022. COVER.pdf] Text
01. NIM. 5133331022. COVER.pdf

Download (42kB)
[thumbnail of 02. NIM. 5133331022. APPROVAL SHEET.pdf] Text
02. NIM. 5133331022. APPROVAL SHEET.pdf

Download (721kB)
[thumbnail of 03. NIM. 5133331022. ABSTRACT.pdf] Text
03. NIM. 5133331022. ABSTRACT.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 04. NIM. 5133331022. PREFACE.pdf] Text
04. NIM. 5133331022. PREFACE.pdf

Download (204kB)
[thumbnail of 05. NIM. 5133331022. TABLE OF CONTENT.pdf] Text
05. NIM. 5133331022. TABLE OF CONTENT.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of 06. NIM. 5133331022. TABBLES.pdf] Text
06. NIM. 5133331022. TABBLES.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 07. NIM. 5133331022. ILLUSTRATION.pdf] Text
07. NIM. 5133331022. ILLUSTRATION.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 08. NIM. 5133331022. CHAPTER I.pdf] Text
08. NIM. 5133331022. CHAPTER I.pdf

Download (330kB)
[thumbnail of 09. NIM. 5133331022. CHAPTER II.pdf] Text
09. NIM. 5133331022. CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (731kB)
[thumbnail of 10. NIM. 5133331022. CHAPTER III.pdf] Text
10. NIM. 5133331022. CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (692kB)
[thumbnail of 11. NIM. 5133331022. CHAPTER IV.pdf] Text
11. NIM. 5133331022. CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB)
[thumbnail of 12. NIM. 5133331022. CHAPTER V.pdf] Text
12. NIM. 5133331022. CHAPTER V.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of 13. NM. 5133331022. BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
13. NM. 5133331022. BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of 14. NIM. 5133331022. ENCLOSURE.pdf] Text
14. NIM. 5133331022. ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Model Scientific Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Teknik Instalasi Tenaga Listrk (TITL) Di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan pada tahun ajaran 2018/2019. Populasi Penelitian ini adalah siswa kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) berjumlah 95 orang. Teknik Sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teknik Area (Cluster) yaitu kelas XI-1 TITL sebagai kelas eksperimen memiliki 31 siswa dan kelas XI-2 TITL sebagai kelas kontrol memiliki 32 siswa. Soal yang dinyatakan valid sebanyak 28 butir soal dari 40 soal yang diujikan sebagai instrumen berbentuk soal pilihan ganda. Hasil dari penelitian memperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 78,69 dan kelas kontrol sebesar 61,72. Pengujian hipotesis menggunakan uji t satu pihak yaitu pihak kanan pada taraf signifikan 5% memperoleh hasil thitung = 6,13 > ttabel = 1,67. Kelas eksperimen adalah kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran Scientific dan kelas kontrol adalah kelas yang diajarkan dengan model pembelajaran Ekspositori. Hasil Penelitian ini menyimpulkan bahwa hasil belajar siswa di kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Scientific lebih tinggi dari hasil belajar siswa di kelas kontrol menggunakan model pembelajaran ekspositori.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Scientific; Ekspositori; Hasil Belajar
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 02 Oct 2025 07:51
Last Modified: 02 Oct 2025 07:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65237

Actions (login required)

View Item
View Item