Sitorus, Erwin (2019) Pengaruh Pengelolaan Kelas Berbasis Integrasi Budaya Batak Dalihan Na Tolu Dan Panubai Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Hasil Pengukuran Listrik. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 01. 5141131006 ERWIN SITOTUS COVER.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
01. 5141131006 ERWIN SITOTUS COVER.pdf
Download (55kB)
![[thumbnail of 02. NIM. 5141131006 APPROVAL SHEET.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
02. NIM. 5141131006 APPROVAL SHEET.pdf
Download (484kB)
![[thumbnail of 03. NIM. 5141131006 ERWIN SITORUS ABSTRACT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
03. NIM. 5141131006 ERWIN SITORUS ABSTRACT.pdf
Download (138kB)
![[thumbnail of 04. 5141131006 ERWIN SITOURUS PREFACE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
04. 5141131006 ERWIN SITOURUS PREFACE.pdf
Download (245kB)
![[thumbnail of 05. NIM. 5143331003 TABLE OF CONTENT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
05. NIM. 5143331003 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (61kB)
![[thumbnail of 06. NIM. 5143331003 TABLES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
06. NIM. 5143331003 TABLES.pdf
Download (127kB)
![[thumbnail of 07. NIM. 5143331003 ILLUSTRATION.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
07. NIM. 5143331003 ILLUSTRATION.pdf
Download (32kB)
![[thumbnail of 08. 5141131006 ERWIN SITORUS CHAPTER I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
08. 5141131006 ERWIN SITORUS CHAPTER I.pdf
Download (721kB)
![[thumbnail of 09. 5141131006 ERWIN SITORUS CHAPTER II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
09. 5141131006 ERWIN SITORUS CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 10. 5141131006 ERWIN SITORUS CAHPTER III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. 5141131006 ERWIN SITORUS CAHPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (690kB)
![[thumbnail of 11. 5141131006 ERWIN SITORUS CHAPTER IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. 5141131006 ERWIN SITORUS CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (662kB)
![[thumbnail of 12. 5141131006 ERWIN SITORUS CHAPTER V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
12. 5141131006 ERWIN SITORUS CHAPTER V.pdf
Download (63kB)
![[thumbnail of 13. NIM. 5141131006 ERWIN SITORUS BIBLIOGRAPHY.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
13. NIM. 5141131006 ERWIN SITORUS BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (166kB)
![[thumbnail of 14. NIM. 5141131006 ENCLOSURE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
14. NIM. 5141131006 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas X TITL pada mata pelajaran Hasil Pengukran Listrik dengan menggunakan model pengelolaan kelas berbasis integrasi budaya Batak Dalihan Na Tolu Dan Panubai di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam.Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Lubuk Pakam pada Tahun Ajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X TITL SMK Negeri 1 Lubuk Pakam, dengan sampel kelas X TITL-1 sebagai kelas eksperimen sebanyak 30 siswa dan X TITL-2 sebagai kelas kontrol sebanyak 30 siswa. Berdasarkan analisis data hasil belajar dalam penelitian sebelum dilakukan perlakuan yang berbeda kepada kedua kelas sampel diperoleh bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 38 dan kelas kontrol 38,45. Setelah diberikan perlakuan pada kelas eksperimen dengan menggunakan model pengelolaan kelas berbasis budaya batak Dalihan Na Tolu Dan Panubai diperoleh hasil belajar siswa sebesar 76,33 dan untuk kelas kontrol dengan menggunakan model pengelolaan kelas sembarang sebesar 72,25.Dari angka ini telah terjawab bahwa rerata hasil belajar Kelas Eksperimen (µ1) lebih tinggi dari pada rerata hasil belajar Kelas Kontrol (µ2). Hasil pengujian hipotesis diperoleh harga thitung > ttabel yaitu 6,40 > 1,67 dengan taraf signifikasi 5% (α = 0,05) atau dengan taraf kepercayaan 95% sehingga Ha diterima yang berarti hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pengelolaan kelas berbasis budaya batak Dalihan Na Tolu Dan Panubai lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pengelolaan kelas sembarang pada kompetensi menggunakan hasil pengukuran listrik.Maka berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di SMK N.1 Lubuk Pakam dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pengelolaan kelas berbasis budaya batak Dalihan Na Tolu Dan Panubai dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada proses pembelajaran. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan model pengelolaan kelas ini diperlukan, khususnya pada pembelajaran menggunakan hasil pengukuran listrik untuk mempermudah pencapaian tujuan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pengelolaan Kelas Berbasis Integrasi Budaya Batak Dalihan Na Toli Dan Panubai Hasil Belajar; Hasil Pengukuran Listrik |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 02 Oct 2025 04:20 |
Last Modified: | 02 Oct 2025 04:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65229 |