Pengaruh Pengelolaan Kelas Berbasis Integrasi Budaya Batak Dalihan Na Tolu Dan Panubai Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Hasil Pengukuran Listrik

Sitorus, Erwin (2019) Pengaruh Pengelolaan Kelas Berbasis Integrasi Budaya Batak Dalihan Na Tolu Dan Panubai Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Hasil Pengukuran Listrik. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. 5141131006 ERWIN SITOTUS COVER.pdf] Text
01. 5141131006 ERWIN SITOTUS COVER.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of 02. NIM. 5141131006 APPROVAL SHEET.pdf] Text
02. NIM. 5141131006 APPROVAL SHEET.pdf

Download (484kB)
[thumbnail of 03. NIM. 5141131006 ERWIN SITORUS  ABSTRACT.pdf] Text
03. NIM. 5141131006 ERWIN SITORUS ABSTRACT.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of 04. 5141131006 ERWIN SITOURUS PREFACE.pdf] Text
04. 5141131006 ERWIN SITOURUS PREFACE.pdf

Download (245kB)
[thumbnail of 05. NIM. 5143331003 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
05. NIM. 5143331003 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 06. NIM. 5143331003 TABLES.pdf] Text
06. NIM. 5143331003 TABLES.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of 07. NIM. 5143331003 ILLUSTRATION.pdf] Text
07. NIM. 5143331003 ILLUSTRATION.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of 08. 5141131006 ERWIN SITORUS CHAPTER I.pdf] Text
08. 5141131006 ERWIN SITORUS CHAPTER I.pdf

Download (721kB)
[thumbnail of 09. 5141131006 ERWIN SITORUS CHAPTER II.pdf] Text
09. 5141131006 ERWIN SITORUS CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 10. 5141131006 ERWIN SITORUS CAHPTER III.pdf] Text
10. 5141131006 ERWIN SITORUS CAHPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (690kB)
[thumbnail of 11. 5141131006 ERWIN SITORUS CHAPTER IV.pdf] Text
11. 5141131006 ERWIN SITORUS CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (662kB)
[thumbnail of 12. 5141131006 ERWIN SITORUS CHAPTER V.pdf] Text
12. 5141131006 ERWIN SITORUS CHAPTER V.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of 13. NIM. 5141131006  ERWIN SITORUS BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
13. NIM. 5141131006 ERWIN SITORUS BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (166kB)
[thumbnail of 14. NIM. 5141131006 ENCLOSURE.pdf] Text
14. NIM. 5141131006 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas X TITL pada mata pelajaran Hasil Pengukran Listrik dengan menggunakan model pengelolaan kelas berbasis integrasi budaya Batak Dalihan Na Tolu Dan Panubai di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam.Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Lubuk Pakam pada Tahun Ajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X TITL SMK Negeri 1 Lubuk Pakam, dengan sampel kelas X TITL-1 sebagai kelas eksperimen sebanyak 30 siswa dan X TITL-2 sebagai kelas kontrol sebanyak 30 siswa. Berdasarkan analisis data hasil belajar dalam penelitian sebelum dilakukan perlakuan yang berbeda kepada kedua kelas sampel diperoleh bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 38 dan kelas kontrol 38,45. Setelah diberikan perlakuan pada kelas eksperimen dengan menggunakan model pengelolaan kelas berbasis budaya batak Dalihan Na Tolu Dan Panubai diperoleh hasil belajar siswa sebesar 76,33 dan untuk kelas kontrol dengan menggunakan model pengelolaan kelas sembarang sebesar 72,25.Dari angka ini telah terjawab bahwa rerata hasil belajar Kelas Eksperimen (µ1) lebih tinggi dari pada rerata hasil belajar Kelas Kontrol (µ2). Hasil pengujian hipotesis diperoleh harga thitung > ttabel yaitu 6,40 > 1,67 dengan taraf signifikasi 5% (α = 0,05) atau dengan taraf kepercayaan 95% sehingga Ha diterima yang berarti hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pengelolaan kelas berbasis budaya batak Dalihan Na Tolu Dan Panubai lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pengelolaan kelas sembarang pada kompetensi menggunakan hasil pengukuran listrik.Maka berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di SMK N.1 Lubuk Pakam dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pengelolaan kelas berbasis budaya batak Dalihan Na Tolu Dan Panubai dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada proses pembelajaran. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan model pengelolaan kelas ini diperlukan, khususnya pada pembelajaran menggunakan hasil pengukuran listrik untuk mempermudah pencapaian tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pengelolaan Kelas Berbasis Integrasi Budaya Batak Dalihan Na Toli Dan Panubai Hasil Belajar; Hasil Pengukuran Listrik
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 02 Oct 2025 04:20
Last Modified: 02 Oct 2025 04:20
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65229

Actions (login required)

View Item
View Item