Kemampuan Mengidentifikasi Struktur dan Kaidah Kebahasan Teks Persuasi Peserta Didik Kelas VIII MTS Maura El Mumtaz Tahun Pembelajaran 2021/2022

Bania, Bania (2022) Kemampuan Mengidentifikasi Struktur dan Kaidah Kebahasan Teks Persuasi Peserta Didik Kelas VIII MTS Maura El Mumtaz Tahun Pembelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 2151111008 COVER.pdf] Text
1. NIM 2151111008 COVER.pdf

Download (40kB)
[thumbnail of 2. NIM 2151111008 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM 2151111008 APPROVAL SHEET.pdf

Download (465kB)
[thumbnail of 3. NIM 2151111008 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM 2151111008 ABSTRACT.pdf

Download (278kB)
[thumbnail of 4. NIM 2151111008 PREFACE.pdf] Text
4. NIM 2151111008 PREFACE.pdf

Download (433kB)
[thumbnail of 5. NIM 2151111008 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM 2151111008 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of 6. NIM 2151111008 LIST OF TABLE.pdf] Text
6. NIM 2151111008 LIST OF TABLE.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 7. NIM 2151111008 CHAPTER I.pdf] Text
7. NIM 2151111008 CHAPTER I.pdf

Download (355kB)
[thumbnail of 8. NIM 2151111008 CHAPTER II.pdf] Text
8. NIM 2151111008 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (761kB)
[thumbnail of 9. NIM 2151111008 CHAPTER III.pdf] Text
9. NIM 2151111008 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (664kB)
[thumbnail of 10. NIM 2151111008 CHAPTER IV.pdf] Text
10. NIM 2151111008 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (531kB)
[thumbnail of 11. NIM 2151111008 CHAPTER V.pdf] Text
11. NIM 2151111008 CHAPTER V.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of 12. NIM 2151111008 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
12. NIM 2151111008 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of 13. NIM 2151111008 ENDCLOSURE.pdf] Text
13. NIM 2151111008 ENDCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah mengenai kemampuan
mengidentifikasi struktur dan kaidah kebahasan teks persuasi peserta didik kelas
VIII MTs Maura El Mumtaz tahun pembelajaran 2021/2022. Metode yang
digunakan adalah metode kualitatif yang berjenis penelitian deskriptif dengan
memberikan unjuk kerja siswa dalam bentuk tes esai dalam menentukan struktur
dan kaidah kebahasaan teks persuasif. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa
kelas VIII MTs Maura El Mumtaz tahun pembelajaran 2021/2022 sebanyak 34
peserta didik. Hasil kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi struktur dan
kebahasaan teks persuasi pada kelas VIII masih terkategori kurang baik rata-rata
48,82. Peserta didik yang lulus KKM hanya 3 peserta didik, 28 peserta didik
lainnya tidak lulus dan rata-rata mendapatkan nilai 50 sedangkan 3 peserta didik
lainnya tidak mengikuti tes dikarenakan tidak hadir ke sekolah. Permasalahan
yang dialami peserta didik adalah kesulitan membedakan struktur rangkaian
argument dan pernyataan ajakan, tidak mengidentifikasi struktur penegasan ulang,
Serta peserta didik kurang memahami kaidah kebahasaan kata teknis dan juga
konjungsi sebab-akibat. Maka guru perlu lebih spesifik dalam mengajarkan
struktur teks persuasi dan kaidah kebahasaan dan memberikan contoh-contoh
yang mudah dipahami peserta didik serta dekat dengan lingkungan belajarnya.
Guru memerlukan bahan ajar ataupun media pembelajaran tambahan yang
menarik bagi peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Mengidentifikasi struktur; kaidah kebahasaan; teks persuasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Ricky Syahrizal
Date Deposited: 02 Oct 2025 02:48
Last Modified: 02 Oct 2025 02:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65219

Actions (login required)

View Item
View Item