Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Menggambar Busana Kelas XI Tata Busana di SMK Negeri 1 Takengon

Purnamasari, Wulan (2019) Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Menggambar Busana Kelas XI Tata Busana di SMK Negeri 1 Takengon. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5132141007 COVER.pdf] Text
1. NIM. 5132141007 COVER.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of 2. NIM. 5132141007 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM. 5132141007 APPROVAL SHEET.pdf

Download (375kB)
[thumbnail of 3. NIM. 5132141007 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM. 5132141007 ABSTRACT.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of 4. NIM. 5132141007 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
4. NIM. 5132141007 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of 5. NIM. 5132141007 LIST OF TABLES.pdf] Text
5. NIM. 5132141007 LIST OF TABLES.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 6. NIM. 5132141007 LIST OF ILLUSTRATION.pdf] Text
6. NIM. 5132141007 LIST OF ILLUSTRATION.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 7. NIM. 5132141007 LIST OF APPENDICES.pdf] Text
7. NIM. 5132141007 LIST OF APPENDICES.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 8. NIM. 5132141007 PREFACE.pdf] Text
8. NIM. 5132141007 PREFACE.pdf

Download (266kB)
[thumbnail of 9. NIM. 5132141007 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM. 5132141007 CHAPTER I.pdf

Download (306kB)
[thumbnail of 10. NIM. 5132141007 CHAPTER II.pdf] Text
10. NIM. 5132141007 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 11. NIM. 5132141007 CHAPTER III.pdf] Text
11. NIM. 5132141007 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (976kB)
[thumbnail of 12. NIM. 5132141007 CHAPTER IV.pdf] Text
12. NIM. 5132141007 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (662kB)
[thumbnail of 13. NIM. 5132141007 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM. 5132141007 CHAPTER V.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of 14. NIM. 5132141007 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM. 5132141007 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of 15. NIM. 5132141007 ENCLOSURE.pdf] Text
15. NIM. 5132141007 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1)Untuk mengetahui hasil belajar pada mata pelajaran menggambar proporsi berdasarkan sikap menggunakan media audio visual pada mata pelajaran menggambar busana siswa kelas XI Tata Busana SMK Negeri 1 Takengon. 2)Untuk mengetahui hasil belajar pada mata pelajaran menggambar proporsi berdasarkan sikap yang tidak menggunakan media audio visual pada mata pelajaran menggambar busana siswa kelas XI Tata Busana SMK Negeri 1 Takengon. 3)Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual pada mata pelajaran mengggambar busana siswa kelas XI Tata Busana SMK Negeri 1 Takengon. Desain penilitiaan ini menggunkan metode penelitian kuasi eksperimen (quasi experimental design). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Tata Busana SMK Negeri 1 Takengon, sebanyak dua kelas dengan jumlah 66 siswa. Teknik pengambilan sample menggunakan Total Sampling yaitu sampel merupakan seluruh populasi siswa kelas XI Tata Busana. Teknik pengumpulan data untuk mengukur hasil belajar menggambar busana dalam penelitian ini menggunakan lembar pengamatan pada hasil menggambar gerak tubuh berdasarkan sikap. Teknik analisa data melalui uji normalitas, uji homogenitas,uji kesepakatan pengamat menggunakan analisis varians satu arah, uji kecenderungan dan uji hipotesis menggunakan rumus uji-t yang dijadikan acuan untuk membuat kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar menggambar gerak tubuh berdasarkan sikap tanpa menggunakan media audio visual berdasarkan tingkat kecenderungan pada siswa kelas XI Tata Busana SMK Negeri 1 siswapada kategori kurang pada rentang skor 59,76 s/d 62,5 berjumlah 13 orang, hasil meggambar siswa berdasarkan tingkat kecenderungan dengan menggunakan media audio visual dapat dikategorikan cukup pada rentang nilai 83,5 s/d 88,24 berjumlah 11 orang. Uji normalitas data menggunakan rumus Liliefors pada taraf signifikan 0,05 dengan dk=33, diperoleh data hasil belajar menggambar gerak tubuh berdasarkan sikap kelas kontrol berdistribusi normal, karena Lhitung>Ltabel = 0.0913 < 0.150, dan kelas kontrol berdistribusi normal, karena Lhitung< Ltabel = 0.1081< 0.150. Uji homogenitas diperoleh Fhitung< Ftabel yaitu 0.51 < 1.82 sehingga kedua kelas penelitian memilikivarians yang sama (homogen). Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung 43,7 dan ttabel pada taraf signifikan 0,05 dk=64 sebesar 1,7. Dengan demikian thitung> ttabel = 43,7 > 1,7. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media audio visual (sound slide) terhadap hasil belajar menggambar busana siswa kelas XI Tata Busana di SMK Negeri 1 Takengon. Berdasarkan hasil perhitungan terlihat bahwa penerapan media audio visual (sound slide) baik digunakan di SMK Negeri 1 Takengon terutama dalam mata pelajaran menggambar busana.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media audio visual; Hasil belajar menggambar busana
Subjects: T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT490 Clothing manufacture. Dressmaking. Tailoring
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 01 Oct 2025 01:51
Last Modified: 01 Oct 2025 01:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65205

Actions (login required)

View Item
View Item