Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting terhadap Kemampuan Menulis Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMK Swasta apim Taruna Sei Rotan

Solin, Erisa Farida Pratiwi (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting terhadap Kemampuan Menulis Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMK Swasta apim Taruna Sei Rotan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 2182111025 COVER.pdf] Text
1. NIM. 2182111025 COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2. NIM. 2182111025 LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. NIM. 2182111025 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 3. NIM. 2182111025 ABSTRAK.pdf] Text
3. NIM. 2182111025 ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4. NIM. 2182111025 KATA PENGANTAR.pdf] Text
4. NIM. 2182111025 KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 5. NIM. 2182111025 DAFTAR ISI.pdf] Text
5. NIM. 2182111025 DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 6. NIM. 2182111025 DAFTAR TABEL.pdf] Text
6. NIM. 2182111025 DAFTAR TABEL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7. NIM. 2182111025 DAFTAR LAMPIRAN.pdf] Text
7. NIM. 2182111025 DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8. NIM. 2182111025 BAB I.pdf] Text
8. NIM. 2182111025 BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 9. NIM. 2182111025 BAB II.pdf] Text
9. NIM. 2182111025 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 10. NIM. 2182111025 BAB III.pdf] Text
10. NIM. 2182111025 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 11. NIM. 2182111025 BAB IV.pdf] Text
11. NIM. 2182111025 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 12. NIM. 2182111025 BAB V.pdf] Text
12. NIM. 2182111025 BAB V.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 13. NIM. 2182111025 DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
13. NIM. 2182111025 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 14. NIM. 2182111025 LAMPIRAN.pdf] Text
14. NIM. 2182111025 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mengetahui tingkat kemampuan menulis teks
negosiasi siswa kelas X SMK Swasta Yapim Taruna Sei Rotan sebelum
menggunakan model pembelajaran probing prompting. (2) Mengetahui tingkat
kemampuan menulis teks negosiasi siswa kelas X SMK Swasta Yapim Taruna Sei
Rotan setelah menggunakan model pembelajaran probing prompting. (3)
Mengetahui pengaruh model pembelajaran Probing Prompting terhadap
kemampuan menulis teks negosiasi siswa kelas X SMK Swasta Yapim Taruna Sei
Rotan. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas X SMK Swasta Yapim Taruna
Sei Rotan dengan sampel sebanyak 32 peserta didik dengan model pembelajaran
Probing Prompting. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah
struktur ang terdiri dari orientasi, permintaan, pemenuhan, penawaran,
persetujuan, pembelian, penutup, kemudiaan kaidah kebahasaan yang terdiri dari
kalimat berita, tanya, perintah, kalimat harapan, kalimat bersyarat, kongjungsi
kausalitas, dan ejaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
eksperimen. Penarikan sampel dilakukan dengan cara random sampling. Data
yang diperoleh didapatkan dari penyebaran angket. Teknik analisis data
menggunakan uji persyaratan analisis, uji normalitas, uji homogenitas, uji
hipotesis. Hasil penelitian pada saat pre-test diperoleh rata-rata sebesar 66, dan
masuk termasuk kategori tidak baik. Sementara itu nilai rata-rata sesudah
menggunakan model pembelajaran probing prompting adalah 80, dan masuk pada
kategori cukup baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model
pembelajaran probing prompting berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan
menulis teks negosiasi siswa. Peningkatan ini juga dapat dibuktikan dari
pengujian hipotesis, Thitung > Ttabel yakni 7,44 > 2,042272 yang membuktikan
bahwa ada pengaruh yang cukup signifikan dari penggunaan model pembelajaran
probing prompting terhadap kemampuan menulis teks negosiasi siswa kelas X
SMK Swasta Yapim Taruna Sei Rotan Tahun Pembelajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: model pembelajaran; probing prompting; kemampuan menulis; teks negosiasi
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Ricky Syahrizal
Date Deposited: 29 Sep 2025 07:36
Last Modified: 29 Sep 2025 07:36
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65197

Actions (login required)

View Item
View Item