Simanjuntak, Remini Y. (2019) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Dasar Listrik Dan Elektronika Siswa Kelas X TITL SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1. NIM. 5143131014 COVER.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. NIM. 5143131014 COVER.pdf
Download (84kB)
![[thumbnail of 2. NIM. 5143131014 APPROVAL SHEET.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. NIM. 5143131014 APPROVAL SHEET.pdf
Download (926kB)
![[thumbnail of 3. NIM. 5143131014 ABSTRACT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. NIM. 5143131014 ABSTRACT.pdf
Download (161kB)
![[thumbnail of 4. NIM. 5143131014 PREFACE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. NIM. 5143131014 PREFACE.pdf
Download (765kB)
![[thumbnail of 5. NIM. 5143131014 TABLE OF CONTENT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. NIM. 5143131014 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (214kB)
![[thumbnail of 6. NIM. 5143131014 ILLUSTRATION.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. NIM. 5143131014 ILLUSTRATION.pdf
Download (59kB)
![[thumbnail of 7. NIM. 5143131014 TABLES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. NIM. 5143131014 TABLES.pdf
Download (204kB)
![[thumbnail of 8. NIM. 5143131014 APPENDICES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. NIM. 5143131014 APPENDICES.pdf
Download (139kB)
![[thumbnail of 9. NIM. 5143131014 CHAPTER I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. NIM. 5143131014 CHAPTER I.pdf
Download (607kB)
![[thumbnail of 10. NIM. 5143131014 CHAPTER II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. NIM. 5143131014 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of 11. NIM. 5143131014 CHAPTER III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. NIM. 5143131014 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 12. NIM. 5143131014 CHAPTER IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
12. NIM. 5143131014 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (759kB)
![[thumbnail of 13. NIM. 5143131014 CHAPTER V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
13. NIM. 5143131014 CHAPTER V.pdf
Download (161kB)
![[thumbnail of 14. NIM. 5143131014 BIBLIORAPHY.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
14. NIM. 5143131014 BIBLIORAPHY.pdf
Download (113kB)
![[thumbnail of 15. NIM. 5143131014 ENCLOSURE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
15. NIM. 5143131014 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen, dimana dalam pelaksanaannya melibatkan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelas eksperimen dilakukan perlakuan eksperimen dengan menggunakan media nyata (alat peraga), sedangkan pada kelas kontrol, siswa dibiarkan belajar dengan model konvensional. Kedua kelompok dalam penelitian ini merupakan kelompok yang homogen dimana tidak ada perbedaan secara khusus. Penentuan kelas dilakukan secara acak, dan kelas eksperimen adalah kelas X TITL 1 dan kelas kontrol adalah kelas X TITL 2 dengan jumlah siswa masing masing 25 orang. Jadi, total siswa yang terlibat dalam penelitian ini adalah 50 orang. Berdasarkan analisis data pada kompetensi dasar mendeskripsikan elemen pasif dalam rangkaian listrik arus searah, hasil belajar siswa yang diajarkan dengan media alat peraga lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar secara konvensional. Nilai rata-rata pada kelas eksperimen adalah 76,2 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata rata 68. Untuk menguji kenormalan data digunakan uji liliefors pada taraf nyata 5%. Hasil pengujian bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol termasuk kategori normal dimana Lhitung < Ltabel, yaitu 0,164≤0,173 untuk kelas eksperimen dan 0,129967≤0,173 untuk kelas kontrol. Uji homogenitas memperoleh nilai Fhitung sebesar 1,41 dan Ftabel 1,94. Nilai Fhitung ≤ Ftabel yaitu 1,41 ≤ 1,94 menunjukkan bahwa sampel bersifat homogen. Hasil uji hipotesis dengan taraf nyata 5% menunjukkan nilai thitung 3,86 dengan nilai ttabel 1,50. Nilai thitung 3,86> ttabel 1,50 berarti bahwa hipotesis diterima dan disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media nyata alat peraga lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | alat peraga; hasil belajar; elemen pasif pada rangkaian arus searah |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 15 Sep 2025 09:25 |
Last Modified: | 15 Sep 2025 09:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65166 |