Rahayu, Sri (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISCOVERY PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI 101780 PERCUT T.A. 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313346 COVER.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
108313346 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
108313346 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
108313346 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
108313346 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
108313346 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
108313346 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
108313346 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
108313346 BAB I.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
108313346 BAB V.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
108313346 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
Abstract
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan metode discovery . penelitian ini dilakukan di SD Negeri 101780 Percut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan metode discovery dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VI SD Negeri 101780 Percut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Penggunaan Metode Discovery Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD Negeri 101780 Percut T.A. 2011/2012. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah sebanyak 30 siswa yang berasal dari siswa Kelas IV pada tahun ajaran 2011/2012. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini penulis melakukan pengumpulan data dengan cara memberikan tes. Dari hasil analisis data diperoleh 5 siswa (16,66%) yang mencapai syarat ketuntasan belajar dan 25 siswa (83,33%) yang belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. dari pretes diperoleh nilai rata-rata siswa 48,16. Dari hasil analisis data pada siklus I diperoleh 13 siswa (43,33%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dan 17 siswa (56,66%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 64. Dari haasil tes pada siklus II diperoleh 27 siswa (90%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dan 3 siswa (10%)belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 81. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode discovery dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IV SD Negeri 101780 Percut. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pembelajaran yang menggunakan metode discovery dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi mengenal bangun datar simetris.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Rah m |
Keywords: | Hasil Belajar; Metode Discovery; Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 20 Jul 2016 08:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6515 |