Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri (SPI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata DiklatMenggunakan Alat Ukur Di Kelas X Program Keahlian Teknik Mesin SMKYPT Pangkalan Susu T.P. 2017/2018

Purba, Irwan (2018) Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri (SPI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata DiklatMenggunakan Alat Ukur Di Kelas X Program Keahlian Teknik Mesin SMKYPT Pangkalan Susu T.P. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1 NIM. 5113321014 COVER.pdf] Text
1 NIM. 5113321014 COVER.pdf

Download (59kB)
[thumbnail of 2. NIM. 5113321014 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM. 5113321014 APPROVAL SHEET.pdf

Download (545kB)
[thumbnail of 3. NIM. 5113321014 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM. 5113321014 ABSTRACT.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of 4. NIM. 5113321014 PREFACE.pdf] Text
4. NIM. 5113321014 PREFACE.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of 5. NIM. 5113321014 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM. 5113321014 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of 6. NIM. 5113321014 CHAPTER I.pdf] Text
6. NIM. 5113321014 CHAPTER I.pdf

Download (406kB)
[thumbnail of 7. NIM. 5113321014 CHAPTER II.pdf] Text
7. NIM. 5113321014 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (732kB)
[thumbnail of 8. NIM. 5113321014 CHAPTER III.pdf] Text
8. NIM. 5113321014 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (833kB)
[thumbnail of 9. NIM. 5113321014 CHAPTER IV.pdf] Text
9. NIM. 5113321014 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 10. NIM. 5113321014 CHAPTER V.pdf] Text
10. NIM. 5113321014 CHAPTER V.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of 11. NIM. 5113321014 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
11. NIM. 5113321014 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of 12. NIM. 5113321014 ENCLOSURE.pdf] Text
12. NIM. 5113321014 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata diklat menggunakan alat ukur di kelas X Program Keahlian Teknik Mesin SMK YPT pangkalan Susu T.P.2017/2018, melalui penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri (SPI). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Teknik Mesin SMK YPT Pangkalan Susu T.P. 2017/2018 yang berjumlah 24 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan juga memberikan tes berupa pretest yang berjumlah 5 soal uraian dan postest 1 dan 2 yang masing-masing berjumlah 10 soal pilihan ganda pada setiap siklusnya. Parameter yang diamati dalam penelitian ini adalah aktivitas siswa dan aktivitas guru serta hasil belajar siswa. Observasi dilakukan untuk mengamati aktivitas guru dan siswa. Hasil belajar dapat diketahui dengan memberikan pretest sebelum memulai pembelajaran dan posttest yang diberikan di akhir siklus pembelajaran. Aktivitas belajar siswa yang diamati meliputi: (1) mendengarkan penjelasan guru, (2) mengajukan pendapat/hipotesis, (3) bertanya, (4) merespon pertanyaan guru, (5) merespon pertanyaan siswa lain. Hasil belajar siswa pada siklus I dengan rata rata 59,79, tingkat ketuntasan klasikal siswa rata-rata 50% atau 12 dari 24 siswa. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan rata-rata 78,75, tingkat ketuntasan klasikal siswa rata-rata 79,17% atau 19 dari 24 siswa. Aktivitas rata-rata guru pada siklus II juga mengalami peningkatan dengan rata-rata 20,83% setelah tindakan siklus II. Strategi pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata diklat Menggunakan Alat Ukur di kelas X Program Keahlian Teknik Mesin SMK YPT Pangkalan Susu T.P. 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Rata-rataHasil Belajar; Rata-rata Aktifitas Belajar; Strategi Pembelajaran Inkuiri (SPI)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA213 Engineering machinery, tools, and implements
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 11 Sep 2025 03:39
Last Modified: 11 Sep 2025 03:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65149

Actions (login required)

View Item
View Item