Nilai Pendidikan Tari Moyo (Tari Elang) pada masyarakat Nias di Kecamatan Lahewa Nias Utara

Febriana, Ila (2022) Nilai Pendidikan Tari Moyo (Tari Elang) pada masyarakat Nias di Kecamatan Lahewa Nias Utara. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 2161141007 COVER.pdf] Text
1. NIM 2161141007 COVER.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of 2. NIM 2161141007 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM 2161141007 APPROVAL SHEET.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of 3. NIM 2161141007 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM 2161141007 ABSTRACT.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 4. NIM 2161141007 PREFACE.pdf] Text
4. NIM 2161141007 PREFACE.pdf

Download (342kB)
[thumbnail of 5. NIM 2161141007 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM 2161141007 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (518kB)
[thumbnail of 6. NIM 2161141007 LIST OF TABLE.pdf] Text
6. NIM 2161141007 LIST OF TABLE.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 7. NIM 2161141007 LIST OF FIGURE.pdf] Text
7. NIM 2161141007 LIST OF FIGURE.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of 8. NIM 2161141007 APPENDICES.pdf] Text
8. NIM 2161141007 APPENDICES.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of 9. NIM 2161141007 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM 2161141007 CHAPTER I.pdf

Download (696kB)
[thumbnail of 10. NIM 2161141007 CHAPTER II.pdf] Text
10. NIM 2161141007 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (694kB)
[thumbnail of 11. NIM 2161141007 CHAPTER III.pdf] Text
11. NIM 2161141007 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (461kB)
[thumbnail of 12. NIM 2161141007 CHAPTER IV.pdf] Text
12. NIM 2161141007 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 13. NIM 2161141007 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM 2161141007 CHAPTER V.pdf

Download (241kB)
[thumbnail of 14. NIM 2161141007 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM 2161141007 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (351kB)
[thumbnail of 15. NIM 2161141007 ENDCLOSURE.pdf] Text
15. NIM 2161141007 ENDCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kandungan Nilai Pendidikan Tari
Moyo (Tari Elang) pada masyarakat Nias di Kecamatan Lahewa, Nias Utara.
Teori yang digunakan dalam penelitian adalah teori Jazuli ( 2008:61-62 ) Nilai
pendidikan di dalam budaya mencakupi disiplin, percaya diri, keteguhan jiwa
diplomatis, hormat dan santun, dermawan, suka tolong menolong, gotong royong,
kerja sama, percaya diri, kerja keras, kepemimpinan dan keadilan, baik dan rendah
hati, toleransi, kedamaian dan kesatuan Penelitian ini menggunakan metode
deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara atau pengamatan
mengenai masalah yang diteliti yang terjadi dilapangan beserta dokumentasi
berjumlah 25 orang yang terdiri dari 10 orang penari 2 penyair 4 orang pemusik
serta 2 orang sebagai narasumber dari Nias Utara. Tari Moyo merupakan kesenian
yang membangun nilai nilai pendidikan. Hal ini terlihat dari elemen elemen yang
ada pada tari Moyo yaitu , ragam gerak ikhewa Nilai pendidikan yang terkandung
adalah toleransi yaitu gerakan jongkok beradu sayap menggambarkan
kebersamaan dan nilai kerja sama antara teman yang saling membantu sesuai
dengan alur sinopsis tari Moyo yang merupakan kisah sebuah bentuk penolakan
seorang anak yang akan dinikahkan dengan orang tua nya. Hasil penelitian ini
menunjukan bahwa nilai pendidikan menggunakan teori Jazuli (2008:61-61) ada
17 nilai pendidikan dan yang terkandung dari tari Moyo hanya 7 nilai-nilai
pendidikan yaitu percaya diri, kerja sama, hormat dan santun, kerja keras,
toleransi, baik dan rendah hati, kedamaian dan kesatuan, keteguhan jiwa, dan
keadilan yang diharapkan pembahasan ini adalah proses pembelajaran dalam
bermasyarakat untuk pembentukan pribadi manusia sebagai makhluk individu,
sosial, dan berbudaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Studi Komparatif; Tari Moyo; Nias Barat; Nias Utara
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Ricky Syahrizal
Date Deposited: 09 Sep 2025 02:30
Last Modified: 09 Sep 2025 02:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65139

Actions (login required)

View Item
View Item