Adha, Wina (2019) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Terhadap Hasil Belajar Membuat Penyelesaian Tepi Kain Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Pematangsiantar. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1. NIM. 5133141032 COVER.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. NIM. 5133141032 COVER.pdf
Download (56kB)
![[thumbnail of 2. NIM. 5133141032 APPROVAL SHEET.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. NIM. 5133141032 APPROVAL SHEET.pdf
Download (533kB)
![[thumbnail of 3. NIM. 5133141032 ABSTRACT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. NIM. 5133141032 ABSTRACT.pdf
Download (223kB)
![[thumbnail of 4. NIM. 5133141032 PREFACE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. NIM. 5133141032 PREFACE.pdf
Download (267kB)
![[thumbnail of 5. NIM. 5133141032 TABLE OF CONTENT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. NIM. 5133141032 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (144kB)
![[thumbnail of 6. NIM. 5133141032 ILLUSTRATION.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. NIM. 5133141032 ILLUSTRATION.pdf
Download (114kB)
![[thumbnail of 7. NIM. 5133141032 TABLES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. NIM. 5133141032 TABLES.pdf
Download (114kB)
![[thumbnail of 8. NIM. 5133141032 LIST OF BAGAN.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. NIM. 5133141032 LIST OF BAGAN.pdf
Download (111kB)
![[thumbnail of 9. NIM. 5133141032 APPENDICES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. NIM. 5133141032 APPENDICES.pdf
Download (113kB)
![[thumbnail of 10. NIM. 5133141032 CHAPER I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. NIM. 5133141032 CHAPER I.pdf
Download (468kB)
![[thumbnail of 11. NIM. 5133141032 CHAPER II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. NIM. 5133141032 CHAPER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 12. NIM. 5133141032 CHAPER III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
12. NIM. 5133141032 CHAPER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (852kB)
![[thumbnail of 13. NIM. 5133141032 CHAPER IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
13. NIM. 5133141032 CHAPER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (562kB)
![[thumbnail of 14. NIM. 5133141032 CHAPER V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
14. NIM. 5133141032 CHAPER V.pdf
Download (201kB)
![[thumbnail of 15. NIM. 5133141032 BIBLIOGRAPHY.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
15. NIM. 5133141032 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (142kB)
![[thumbnail of 16. NIM. 5133141032 ENCLOSURE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
16. NIM. 5133141032 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui kecenderungan hasil belajar membuat rompok menggunakan media pembelajaran berbasis video tutorial pada siswa kelas X SMK Negeri 3 Pematangsiantar. 2) Untuk mengetahui kecenderungan hasil belajar membuat rompok tanpa menggunakan media pembelajaran berbasis video tutorial pada siswa kelas X SMK Negeri 3 Pematangsiantar. 3) Untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis video tutorial terhadap hasil belajar membuat rompok siswa kelas X SMK Negeri 3 Pematangsiantar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 3 Pematangsiantar sebanyak 2 kelas dengan jumlah 60 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Random sampling, yaitu sampel diambil dengan diundi atau diacak. Alat pengumpulan data untuk mengukur hasil belajar membuat rompok dalam penelitian ini menggunakan lembar pengamatan pada hasil belajar membuat rompok. Teknik analisa data melalui uji normalitas, uji homogenitas, uji kecenderungan dan uji hipotesis menggunakan teknik analisa data uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar membuat rompok pada siswa kelas X SMK Negeri 3 Pematangsiantar untuk kelas eksperimen cenderung sangat tinggi yaitu 43,3 % sebanyak 13 siswa. Dan tingkat kecenderungan hasil membuat rompok kelas kontrol cenderung rendah yaitu 93,3% sebanyak 28 siswa. Untuk uji normalitas data menggunakan rumus liliefors pada taraf signifikan 0,05 dengan dk= 29, diperoleh data hasil belajar membuat rompok kelas eksperimen berdistribusi normal, karena kontrol berdistribusi normal karena Karena homogenitas diperoleh = 1,41 < dari < = 0,0808 < 0,161 dan kelas < = 0,0812 < 0,161. Uji = 1,85 sehingga kedua kelas penelitian memiliki varians yang sama (homogen). Hasil uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh nilai thitung = 15,05 dan ttabel pada taraf signifikan 0,05 dk = 58 sebesar 1,7. Dengan demikian thitung > ttabel (15,05 > 1,7), oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis video tutorial terhadap hasil belajar membuat rompok pada siswa kelas X SMK Negeri 3 Pematangsiantar. Berdasarkan hasil perhitungan terlihat bahwa penerapan video tutorial cenderung baik digunakan di SMK Negeri 3 Pematangsiantar terutama pada mata pelajaran teknologi menjahit.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media video tutorial; Hasil belajar membuat rompok |
Subjects: | T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT490 Clothing manufacture. Dressmaking. Tailoring |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 03 Sep 2025 02:52 |
Last Modified: | 03 Sep 2025 02:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65132 |