PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS AL MUTTAQIN

Nur, Abdillah Fikri (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS AL MUTTAQIN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203311090_Cover.pdf] Text
4203311090_Cover.pdf

Download (68kB)
[thumbnail of 4203311090_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203311090_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (369kB)
[thumbnail of 4203311090_Abstrak.pdf] Text
4203311090_Abstrak.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 4203311090_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203311090_Kata_Pengantar.pdf

Download (381kB)
[thumbnail of 4203311090_Daftar_Isi.pdf] Text
4203311090_Daftar_Isi.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of 4203311090_BAB_I.pdf] Text
4203311090_BAB_I.pdf

Download (370kB)
[thumbnail of 4203311090_BAB_II.pdf] Text
4203311090_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (655kB)
[thumbnail of 4203311090_BAB_III.pdf] Text
4203311090_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[thumbnail of 4203311090_BAB_IV.pdf] Text
4203311090_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 4203311090_BAB_V.pdf] Text
4203311090_BAB_V.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of 4203311090_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203311090_Daftar_Pustaka.pdf

Download (327kB)
[thumbnail of 4203311090_Lampiran.pdf] Text
4203311090_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis validitas, kepraktisan, keefektifan dan peningkatan kemampuan berpikir kreatif e-modul berdasarkan model pembelajaran berdasarkan masalah peserta didik kelas VIII MTS Al Muttaqin. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII-B dan kelas VIII-D MTS AL MUTTAQIN. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri dari tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan valid dengan rata-rata sebesar 3,67, praktis dengan rata-rata sebesar 4,5 dalam kategori tinggi, dan efektif dengan tercapainya ketuntasan belajar secara klasikal sebesar pada saat pretest adalah 84% dan posttest adalah 90% peserta didik yang tuntas dan hasil penggunaan waktu pembelajaran sebesar 4,50 dalam kategori tinggi serta hasil respon peserta didik sebesar 3,52 dengan persentase 84%, selanjutnya, peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif peserta didik dilihat indikator fluency sebesar 55%, indikator flexibility sebesar 55%, indikator originality sebesar 50%, dan indikator elaboration sebesar 50% serta analisis nilai N-Gain sebesar 0,60 dengan kategori sedang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 510.071 2 Nur p
Keywords: E-modul; Berpikir kreatif; Pembelajaran berdasarkan masalah; Sistem persamaan linear dua variabel
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 15 Aug 2025 08:53
Last Modified: 15 Aug 2025 08:53
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65076

Actions (login required)

View Item
View Item