Saragih, Grace Happily (2024) PENGARUH INTERAKSI SOSIAL, KEMANDIRIAN BELAJAR DAN SUMBER BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI MPLB PADA MATA PELAJARAN HUMAS DI SMK NEGERI 6 MEDAN T. A 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
![[thumbnail of 7203344021_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203344021_Cover.pdf
Download (85kB)
![[thumbnail of 7203344021_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203344021_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (202kB)
![[thumbnail of 7203344021_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203344021_Abstrak.pdf
Download (149kB)
![[thumbnail of 7203344021_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203344021_Kata_Pengantar.pdf
Download (200kB)
![[thumbnail of 7203344021_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203344021_Daftar_Isi.pdf
Download (127kB)
![[thumbnail of 7203344021_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203344021_Daftar_Tabel.pdf
Download (83kB)
![[thumbnail of 7203344021_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203344021_Daftar_Gambar.pdf
Download (75kB)
![[thumbnail of 7203344021_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203344021_Daftar_Lampiran.pdf
Download (83kB)
![[thumbnail of 7203344021_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203344021_BAB_I.pdf
Download (399kB)
![[thumbnail of 7203344021_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203344021_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (863kB)
![[thumbnail of 7203344021_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203344021_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (508kB)
![[thumbnail of 7203344021_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203344021_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 7203344021_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203344021_BAB_V.pdf
Download (287kB)
![[thumbnail of 7203344021_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203344021_Daftar_Pustaka.pdf
Download (171kB)
![[thumbnail of 7203344021_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203344021_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi sosial, kemandirian belajar dan sumber belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran humas kelas XI MPLB di SMK negeri 6 Medan. Jenis penelitian ini adalah
penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas XI MPLB di SMK Negeri 6 Medan yang berjumlah 133 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Teknik
simple random sampling. Dari hasil perhitungan diperoleh sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi dan angket. Validitas instrumen dihitung dengan korelasi
product moment dan reliabilitas menggunakan alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, analisis regresi linear berganda, dan uji hipotesis (uji t, uji F, R2). Pengolahan data menggunakan SPSS versi 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji parsial (uji t) terdapat pengaruh yang
positif dan signifikan Interaksi Sosial (X1) terhadap Prestasi Belajar Siswa (Y) dengan nilai thitung > ttabel (3,181 > 1,660) dan nilai signifikan (0,002 < 0,050).
Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kemandirian Belajar (X2) terhadap Prestasi Belajar Siswa (Y) dengan nilai thitung > ttabel (3,097 > 1,660) dan nilai signifikansi (0,003 < 0,050). Terdapat pengaruh positif dan signifikan Sumber Belajar (X3) terhadap Prestasi Belajar Siswa (Y) dengan nilai thitung > ttabel (2,653 > 1,660) dan nilai signifikansi (0,009 < 0,050). Secara simultan (uji F) terdapat pengaruh positif dan signifikan Interaksi Sosial, Kemandirian Belajar dan Sumber Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa dengan nilai Fhitung ≥ Ftabel (17,451 ≥ 2,70) dan nilai signifikansi (0,000 < 0,050). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan pengaruh interaksi sosial, kemandirian belajar, dan sumber belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI MPLB pada mata pelajaran humas di SMK Negeri 6 Medan T. A
2024/2025.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Interaksi Sosial, Kemandirian Belajar, Sumber Belajar, Prestasi Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 03:21 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 03:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65017 |