PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X DI SMA NEGERI 19 MEDAN

Siregar, Jihan Pradita Mahzura (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X DI SMA NEGERI 19 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203341037_Cover.pdf] Text
4203341037_Cover.pdf

Download (58kB)
[thumbnail of 4203341037_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203341037_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 4203341037_Abstrak.pdf] Text
4203341037_Abstrak.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of 4203341037_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203341037_Kata_Pengantar.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of 4203341037_Daftar_Isi.pdf] Text
4203341037_Daftar_Isi.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of 4203341037_BAB_I.pdf] Text
4203341037_BAB_I.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of 4203341037_BAB_II.pdf] Text
4203341037_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)
[thumbnail of 4203341037_BAB_III.pdf] Text
4203341037_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB)
[thumbnail of 4203341037_BAB_IV.pdf] Text
4203341037_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (412kB)
[thumbnail of 4203341037_BAB_V.pdf] Text
4203341037_BAB_V.pdf

Download (74kB)
[thumbnail of 4203341037_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203341037_Daftar_Pustaka.pdf

Download (394kB)
[thumbnail of 4203341037_Lampiran.pdf] Text
4203341037_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa materi adalah quasi eksperimen dengan desain Non Equivalent Control Group. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 19 Medan yang terdiri dari 10 kelas dan jumlah seluruhnya 382 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik Purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah X-8 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dan X-10 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa adalah tes berbentuk pilihan berganda yang terdiri dari 25. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan Mann-Whitney diperoleh Asymp. Sig 0,00 > 0,05 menunjukkan adanya pengaruh model Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman hayati kelas X di SMA Negeri 19 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 578.7 Sir p
Keywords: Project based learning; Keanekaragaman hayati; Hasil belajar; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 11 Aug 2025 04:50
Last Modified: 11 Aug 2025 04:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64999

Actions (login required)

View Item
View Item