Ambarita, Rodwin Ardianto (2022) Hubungan Antara Aktivitas Belajar dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pengelasan Kelas XI SMK Negeri 1 Lubuk Pakam T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1. NIM 5153121024 COVER.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. NIM 5153121024 COVER.pdf
Download (469kB)
![[thumbnail of 2. NIM 5153121024 APPROVAL SHEET.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. NIM 5153121024 APPROVAL SHEET.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 3. NIM 5153121024 ABSTRACT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. NIM 5153121024 ABSTRACT.pdf
Download (632kB)
![[thumbnail of 4. NIM 5153121024 ACKNOWLEDGEMENTS.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. NIM 5153121024 ACKNOWLEDGEMENTS.pdf
Download (972kB)
![[thumbnail of 5. NIM 5153121024 TABLE OF CONTENTS.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. NIM 5153121024 TABLE OF CONTENTS.pdf
Download (906kB)
![[thumbnail of 6. NIM 5153121024 LIST OF TABLE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. NIM 5153121024 LIST OF TABLE.pdf
Download (358kB)
![[thumbnail of 7. NIM 5153121024 LIST OF FIGURES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. NIM 5153121024 LIST OF FIGURES.pdf
Download (356kB)
![[thumbnail of 8. NIM 5153121024 LIST OF APPENDIXCES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. NIM 5153121024 LIST OF APPENDIXCES.pdf
Download (628kB)
![[thumbnail of 9. NIM 5153121024 CHAPTER I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. NIM 5153121024 CHAPTER I.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 10. NIM 5153121024 CHAPTER II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. NIM 5153121024 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
![[thumbnail of 11. NIM 5153121024 CHAPTER III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. NIM 5153121024 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
![[thumbnail of 12. NIM 5153121024 CHAPTER IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
12. NIM 5153121024 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
![[thumbnail of 13. NIM 5153121024 CHAPTER V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
13. NIM 5153121024 CHAPTER V.pdf
Download (631kB)
![[thumbnail of 14. NIM 5153121024 BIBLIOGRAPHI.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
14. NIM 5153121024 BIBLIOGRAPHI.pdf
Download (702kB)
![[thumbnail of 15. NIM 5153121024 ENCLOUSURE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
15. NIM 5153121024 ENCLOUSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (36MB)
Abstract
Aktivitas belajar dan kecerdasan emosional merupakan faktor yang berpengaruh langsung terhadap hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara aktivitas belajar dan kecerdasan emosional dengan hasil belajar mata pelajaran pengelasan kelas XI SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Metode yang digunakan adalah penelitian korelatif kuantitatif. Instrumen penelitian menggunakan angket tertutup model Likert dan tes hasil belajar dengan jumlah sampel sebanyak 54 siswa dan teknik pengambilan sampel proportional sample pada taraf signifikansi 5%. Uji validitas dan reabilitas instrument yang digunakan adalah uji Korelasi Product Moment dan uji Cornbach Alpha. Selanjutnya hasil penelitian dianalisis dengan uji korelasi product moment, korelasi parsial dan korelasi ganda menggunakan aplikasi program SPSS 25.0. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara aktivitas belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran pengelasan kelas XI SMK Negeri 1 Lubuk Pakam dengan nilai rhitung > rtabel (0,407 > 0,266), thitung > ttabel (3,244 > 1,674), dan persamaan regresi Y = 44,689 + 0,381X1 dengan koefisien korelasi R=0,407. (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar mata pelajaran pengelasan kelas XI SMK Negeri 1 Lubuk Pakam dengan nilai rhitung > rtabel (0,421 > 0,266), thitung > ttabel (3,374 > 1,674), dan persamaan regresi Y = 40,760 + 0,429X2 dengan koefisien korelasi R= 0,421. (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara aktivitas belajar dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar mata pelajaran pengelasan kelas XI SMK Negeri 1 Lubuk Pakam dengan persamaan regresi Y = 33,161 + 0,238X1 + 0,289X2 dan koefisien korelasi R=0,472.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Aktivitas Belajar; Kecerdasan Emosional; Hasil Belajar; Penelitian Korelatif Kuantitatif |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 08:18 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 08:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64950 |