PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KELAS X SMA NEGERI 15 MEDAN

Sitorus, Hana Maria Br. (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KELAS X SMA NEGERI 15 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4202441003_Cover.pdf] Text
4202441003_Cover.pdf

Download (231kB)
[thumbnail of 4202441003_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4202441003_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (252kB)
[thumbnail of 4202441003_Abstrak.pdf] Text
4202441003_Abstrak.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of 4202441003_Kata_Pengantar.pdf] Text
4202441003_Kata_Pengantar.pdf

Download (203kB)
[thumbnail of 4202441003_Daftar_Isi.pdf] Text
4202441003_Daftar_Isi.pdf

Download (532kB)
[thumbnail of 4202441003_BAB_I.pdf] Text
4202441003_BAB_I.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of 4202441003_BAB_II.pdf] Text
4202441003_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (555kB)
[thumbnail of 4202441003_BAB_III.pdf] Text
4202441003_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (510kB)
[thumbnail of 4202441003_BAB_IV.pdf] Text
4202441003_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)
[thumbnail of 4202441003_BAB_V.pdf] Text
4202441003_BAB_V.pdf

Download (395kB)
[thumbnail of 4202441003_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4202441003_Daftar_Pustaka.pdf

Download (406kB)
[thumbnail of 4202441003_Lampiran.pdf] Text
4202441003_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Learning cycle 5E terhadap aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada materi keannekaragaman hayati. Model Learning cycle 5E adalah suatu proses pembelajaran yang terdiri dari 5 fase yaitu engagement, exploration, explanation, elaboration, dan evaluation. Penelitian ini menggunakan rancangan quasi experimental. Desain yang digunakan adalah pretest posttest control group desain dengan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah X-5 dan X-6. Hasil penelitian menujukkan pada uji-t untuk aktivitas siswa diperoleh nilai data sebesar < 0,001 menunjukkan bahwa <0.05, Sehingga disimpulkan bahwa model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap aktivitas belajar siswa berpengaruh. Dan Untuk uji-t, diperoleh hasil pada nilai posttest sebesar 0.001 yang menunjukkan bahwa sig<0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh model
Learning cycle 5E terhadap peningkatkan hasil belajar secara signifikan. Hasil rekapitulasi aktivitas siswa menunjukkan bahwa rata- rata aktivitas siswa di kelas eksperimen yaitu 64.43% maka hal tersebut termasuk dalam kriteria aktif, dan hasil rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 80.08% dan hal ini mengalami peningkatan jumlah siswa yang lulus KKTP dari sebelumnya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya pengaruh pengunaan model Learning Cycle 5E terhadap
aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas X pada materi keanekaragaman hayati di SMA N 15 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 578.7 Sit p
Keywords: Keanekaragaman hayati; Learning cycle 5E; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 07 Aug 2025 03:57
Last Modified: 07 Aug 2025 03:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64933

Actions (login required)

View Item
View Item