Nasution, Siti Hasanah (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMTING TERHADAP KEMAMPUAN DALAM MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 T.TINGGI TAHUN AJARAN 2023-2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
2202111009_Cover.pdf
Download (62kB)
2202111009_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (251kB)
2202111009_Kata_Pengantar.pdf
Download (199kB)
2202111009_Abstrak.pdf
Download (203kB)
2202111009_Daftar_Isi.pdf
Download (103kB)
2202111009_Daftar_Tabel.pdf
Download (170kB)
2202111009_Daftar_Gambar.pdf
Download (52kB)
2202111009_Daftar_Lampiran.pdf
Download (55kB)
2202111009_BAB_I.pdf
Download (363kB)
2202111009_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (647kB)
2202111009_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (759kB)
2202111009_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (934kB)
2202111009_BAB_V.pdf
Download (228kB)
2202111009_Daftar_Pustaka.pdf
Download (172kB)
2202111009_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Probing Promting Terhadap Kemampuan Dalam Menulis Teks Eksplanasi Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Tebing Tinggi. Populasi pada penelitian adalah seluruh siswa kelas XI berjumlah 535 siswa. Dari 535 siswa, ditetapkan sampel pada penelitian ini yaitu kelas XI TKJ-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI TKJ-2 sebagai kelas kontrol yang masingmasing kelas terdiri dari 36 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen Two group posttest design dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Hasil penelitian ini pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 18,94 setelah dikonversi menjadi 78,91 dengan kategori baik, sedangkan kelas eksperimen dipeoleh nilai rata-rata 20,06 setelah dikonversi menjadi 83,58, dengan kategori baik. Dengan demikian, dapat dikatakan nilai siswa menggunakan model pembelajaran Probing Promting lebih tinggi dibandingkan nilai siswa menggunakan model pembelajaran kovensional. Kemudian, melalui pengujian hipotesis yaitu dapat disimpulkan bahwa thitung ≥ ttabel yaitu 5,137 ≥ 2,028094 sehingga hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Probing Promting terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMK Negeri 2 Tebing Tinggi tahun ajaran 2023/2024.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Probing Promting, Menulis, Teks Eksplanasi |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
| Date Deposited: | 07 Aug 2025 02:51 |
| Last Modified: | 07 Aug 2025 07:14 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64922 |
