PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMTING TERHADAP KEMAMPUAN DALAM MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 T.TINGGI TAHUN AJARAN 2023-2024

Nasution, Siti Hasanah (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMTING TERHADAP KEMAMPUAN DALAM MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 T.TINGGI TAHUN AJARAN 2023-2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2202111009_Cover.pdf] Text
2202111009_Cover.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 2202111009_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2202111009_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (251kB)
[thumbnail of 2202111009_Kata_Pengantar.pdf] Text
2202111009_Kata_Pengantar.pdf

Download (199kB)
[thumbnail of 2202111009_Abstrak.pdf] Text
2202111009_Abstrak.pdf

Download (203kB)
[thumbnail of 2202111009_Daftar_Isi.pdf] Text
2202111009_Daftar_Isi.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of 2202111009_Daftar_Tabel.pdf] Text
2202111009_Daftar_Tabel.pdf

Download (170kB)
[thumbnail of 2202111009_Daftar_Gambar.pdf] Text
2202111009_Daftar_Gambar.pdf

Download (52kB)
[thumbnail of 2202111009_Daftar_Lampiran.pdf] Text
2202111009_Daftar_Lampiran.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of 2202111009_BAB_I.pdf] Text
2202111009_BAB_I.pdf

Download (363kB)
[thumbnail of 2202111009_BAB_II.pdf] Text
2202111009_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (647kB)
[thumbnail of 2202111009_BAB_III.pdf] Text
2202111009_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (759kB)
[thumbnail of 2202111009_BAB_IV.pdf] Text
2202111009_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (934kB)
[thumbnail of 2202111009_BAB_V.pdf] Text
2202111009_BAB_V.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of 2202111009_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2202111009_Daftar_Pustaka.pdf

Download (172kB)
[thumbnail of 2202111009_Lampiran.pdf] Text
2202111009_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Probing Promting Terhadap Kemampuan Dalam Menulis Teks Eksplanasi Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Tebing Tinggi. Populasi pada penelitian adalah seluruh siswa kelas XI berjumlah 535 siswa. Dari 535 siswa, ditetapkan sampel pada penelitian ini yaitu kelas XI TKJ-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI TKJ-2 sebagai kelas kontrol yang masingmasing kelas terdiri dari 36 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen Two group posttest design dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Hasil penelitian ini pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 18,94 setelah dikonversi menjadi 78,91 dengan kategori baik, sedangkan kelas eksperimen dipeoleh nilai rata-rata 20,06 setelah dikonversi menjadi 83,58, dengan kategori baik. Dengan demikian, dapat dikatakan nilai siswa menggunakan model pembelajaran Probing Promting lebih tinggi dibandingkan nilai siswa menggunakan model pembelajaran kovensional. Kemudian, melalui pengujian hipotesis yaitu dapat disimpulkan bahwa thitung ≥ ttabel yaitu 5,137 ≥ 2,028094 sehingga hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Probing Promting terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMK Negeri 2 Tebing Tinggi tahun ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Probing Promting, Menulis, Teks Eksplanasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 07 Aug 2025 02:51
Last Modified: 07 Aug 2025 07:14
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64922

Actions (login required)

View Item
View Item