PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATERI TEKS EKSPOSISI BERBASIS BLENDED LEARNING UNTUK SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)

Br Ginting, Sintiya Klolanta (2025) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATERI TEKS EKSPOSISI BERBASIS BLENDED LEARNING UNTUK SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP). Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2203111013_Cover.pdf] Text
2203111013_Cover.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of 2203111013_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2203111013_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 2203111013_Kata_Pengantar.pdf] Text
2203111013_Kata_Pengantar.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of 2203111013_Abstrak.pdf] Text
2203111013_Abstrak.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of 2203111013_Daftar_Isi.pdf] Text
2203111013_Daftar_Isi.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of 2203111013_Daftar_Tabel.pdf] Text
2203111013_Daftar_Tabel.pdf

Download (95kB)
[thumbnail of 2203111013_Daftar_Gambar.pdf] Text
2203111013_Daftar_Gambar.pdf

Download (72kB)
[thumbnail of 2203111013_Daftar_Lampiran.pdf] Text
2203111013_Daftar_Lampiran.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of 2203111013_BAB_I.pdf] Text
2203111013_BAB_I.pdf

Download (422kB)
[thumbnail of 2203111013_BAB_II.pdf] Text
2203111013_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 2203111013_BAB_III.pdf] Text
2203111013_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (500kB)
[thumbnail of 2203111013_BAB_IV.pdf] Text
2203111013_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 2203111013_BAB_V.pdf] Text
2203111013_BAB_V.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of 2203111013_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2203111013_Daftar_Pustaka.pdf

Download (185kB)
[thumbnail of 2203111013_Lampiran.pdf] Text
2203111013_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, wujud, dan kelayakan materi pembelajaran teks eksposisi berbasis Blended Learning untuk siswa di sekolah menengah pertama (SMP). Penelitian ini menggunakan metode
research and development (R&D) dengan model Brog and Gall yang telah dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan dan keterbatasan penelitian. Adapun tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penemuan masalah, pengumpulan data, desain produk pengembangan, revisi produk, dan validasi
desain. Penilaian dilakukan oleh dua ahli, yakni ahli materi dan ahli desain. Hasil penelitian ini berdasarkan (1) proses pengembangan yang dilakukan yakni pengembangan bahan ajar dengan menggunakan model Blended learning dengan 5 langkah pengembangan yakni pertama penemuan masalah. Kedua,
pengumpulan data. Ketiga, desain produk. Keempat, validasi desain. Kelima, revisi produk. (2) hasil produk bahan ajar berupa teks eksposisi berbasis Blended Learning yang terintegrasi dalam google classroom, (3) kelayakan bahan ajar diproleh dari hasil validasi mengenai bahan ajar yang dikembangkan sebagai berikut, dari validator ahli materi memproleh rata-rata skor 4,3 dengan persentase 86,65% dengan kategori “sangat layak”. Selanjutnya hasil validasi ahli desain dengan rata-rata skor 4,45 dengan persentase 89,5% dengan kategori “sangat layak”. Maka dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan valid dan layak digunakan sebagai sebagai bahan
ajar pendukung teks eksposisi yang dibantu oleh google classroom.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: pengembangan, Blended Learning.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 07 Aug 2025 02:42
Last Modified: 07 Aug 2025 07:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64920

Actions (login required)

View Item
View Item