Salsabila, - (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN METAKOGNITIF TERHADAPKETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWAKELAS VIII SMP NEGERI 2 DELI TUA. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 2203111019_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111019_Cover.pdf
Download (197kB)
![[thumbnail of 2203111019_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111019_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (4MB)
![[thumbnail of 2203111019_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111019_Kata_Pengantar.pdf
Download (164kB)
![[thumbnail of 2203111019_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111019_Abstrak.pdf
Download (107kB)
![[thumbnail of 2203111019_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111019_Daftar_Isi.pdf
Download (129kB)
![[thumbnail of 2203111019_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111019_Daftar_Tabel.pdf
Download (96kB)
![[thumbnail of 2203111019_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111019_Daftar_Lampiran.pdf
Download (93kB)
![[thumbnail of 2203111019_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111019_BAB_I.pdf
Download (388kB)
![[thumbnail of 2203111019_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111019_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (697kB)
![[thumbnail of 2203111019_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111019_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (723kB)
![[thumbnail of 2203111019_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111019_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 2203111019_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111019_BAB_V.pdf
Download (155kB)
![[thumbnail of 2203111019_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111019_Daftar_Pustaka.pdf
Download (209kB)
![[thumbnail of 2203111019_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111019_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menganalisis kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Deli Tua sebelum menggunakan model pembelajaran Metakognitif; (2) menganalisis kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII setelah diterapkan model pembelajaran Metakognitif; dan (3) menganalisis pengaruh model pembelajaran Metakognitif terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Deli Tua. Penelitian ini menggunakan desain uji dua kelompok dan metodologi eksperimental. sedangkan populasi yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas VIII
di SMP Negeri 2 Deli Tua yang berjumlah 126 siswa dan Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 32 siswa dari masing-masing kelas kontrol dan eksperimen, sedangkan. Peneliti menguji persyaratan analisis, uji homogenitas, dan uji
hipotesis sebagai bagian dari metodologi analisis data kuantitatif untuk mendukung penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan menulis teks Eksplanasi siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Metakognitif
memiliki skor rata-rata 62,1, masuk dalam rentang cukup. siswa yang menggunakan paradigma pembelajaran Metakognitif memperoleh skor rata-rata 80,9, masuk dalam kelompok sangat baik. Ketentuan ttabel = 1,69726 dan thitung = 5,398 ditentukan berdasarkan hasil uji-t yang dilakukan pada taraf signifikan α = 0,05. Karena thitung > ttabel, atau 5,398 > 1,69726, hipotesis alternatif, Ha, diterima dan hipotesis nol, H0, ditolak. Berdasarkan hasil tersebut, dapat
dikatakan bahwa siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Deli Tua memperoleh manfaat dari pembelajaran yang memanfaatkan paradigma pembelajara
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Metakognitif, Menulis, Eksplanasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 08:57 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 07:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64911 |