PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN METAKOGNITIF TERHADAPKETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWAKELAS VIII SMP NEGERI 2 DELI TUA

Salsabila, - (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN METAKOGNITIF TERHADAPKETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWAKELAS VIII SMP NEGERI 2 DELI TUA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2203111019_Cover.pdf] Text
2203111019_Cover.pdf

Download (197kB)
[thumbnail of 2203111019_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2203111019_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 2203111019_Kata_Pengantar.pdf] Text
2203111019_Kata_Pengantar.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of 2203111019_Abstrak.pdf] Text
2203111019_Abstrak.pdf

Download (107kB)
[thumbnail of 2203111019_Daftar_Isi.pdf] Text
2203111019_Daftar_Isi.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of 2203111019_Daftar_Tabel.pdf] Text
2203111019_Daftar_Tabel.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of 2203111019_Daftar_Lampiran.pdf] Text
2203111019_Daftar_Lampiran.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of 2203111019_BAB_I.pdf] Text
2203111019_BAB_I.pdf

Download (388kB)
[thumbnail of 2203111019_BAB_II.pdf] Text
2203111019_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (697kB)
[thumbnail of 2203111019_BAB_III.pdf] Text
2203111019_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (723kB)
[thumbnail of 2203111019_BAB_IV.pdf] Text
2203111019_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 2203111019_BAB_V.pdf] Text
2203111019_BAB_V.pdf

Download (155kB)
[thumbnail of 2203111019_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2203111019_Daftar_Pustaka.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of 2203111019_Lampiran.pdf] Text
2203111019_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menganalisis kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Deli Tua sebelum menggunakan model pembelajaran Metakognitif; (2) menganalisis kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII setelah diterapkan model pembelajaran Metakognitif; dan (3) menganalisis pengaruh model pembelajaran Metakognitif terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Deli Tua. Penelitian ini menggunakan desain uji dua kelompok dan metodologi eksperimental. sedangkan populasi yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas VIII
di SMP Negeri 2 Deli Tua yang berjumlah 126 siswa dan Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 32 siswa dari masing-masing kelas kontrol dan eksperimen, sedangkan. Peneliti menguji persyaratan analisis, uji homogenitas, dan uji
hipotesis sebagai bagian dari metodologi analisis data kuantitatif untuk mendukung penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan menulis teks Eksplanasi siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Metakognitif
memiliki skor rata-rata 62,1, masuk dalam rentang cukup. siswa yang menggunakan paradigma pembelajaran Metakognitif memperoleh skor rata-rata 80,9, masuk dalam kelompok sangat baik. Ketentuan ttabel = 1,69726 dan thitung = 5,398 ditentukan berdasarkan hasil uji-t yang dilakukan pada taraf signifikan α = 0,05. Karena thitung > ttabel, atau 5,398 > 1,69726, hipotesis alternatif, Ha, diterima dan hipotesis nol, H0, ditolak. Berdasarkan hasil tersebut, dapat
dikatakan bahwa siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Deli Tua memperoleh manfaat dari pembelajaran yang memanfaatkan paradigma pembelajara

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Metakognitif, Menulis, Eksplanasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 06 Aug 2025 08:57
Last Modified: 07 Aug 2025 07:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64911

Actions (login required)

View Item
View Item