PENGARUH BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA DALAM MEMILIH UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN PEMATANG SIANTAR

Siburian, Beresman (2025) PENGARUH BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA DALAM MEMILIH UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN PEMATANG SIANTAR. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 7213010001_Cover.pdf] Text
7213010001_Cover.pdf

Download (57kB)
[thumbnail of 7213010001_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7213010001_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7213010001_Abstrak.pdf] Text
7213010001_Abstrak.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of 7213010001_Kata_Pengantar.pdf] Text
7213010001_Kata_Pengantar.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of 7213010001_Daftar_Isi.pdf] Text
7213010001_Daftar_Isi.pdf

Download (231kB)
[thumbnail of 7213010001_Daftar_Tabel.pdf] Text
7213010001_Daftar_Tabel.pdf

Download (101kB)
[thumbnail of 7213010001_Daftar_Gambar.pdf] Text
7213010001_Daftar_Gambar.pdf

Download (52kB)
[thumbnail of 7213010001_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7213010001_Daftar_Lampiran.pdf

Download (53kB)
[thumbnail of 7213010001_BAB_I.pdf] Text
7213010001_BAB_I.pdf

Download (450kB)
[thumbnail of 7213010001_BAB_II.pdf] Text
7213010001_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (977kB)
[thumbnail of 7213010001_BAB_III.pdf] Text
7213010001_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (582kB)
[thumbnail of 7213010001_BAB_IV.pdf] Text
7213010001_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 7213010001_BAB_V.pdf] Text
7213010001_BAB_V.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of 7213010001_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7213010001_Daftar_Pustaka.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of 7213010001_Lampiran.pdf] Text
7213010001_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pada penelitian ini bertujuan menganalisis dan mengetahui pengaruh bauran pemasaran (marketing mix) 4P yaitu produk (product), harga (price), tempat (place), promosi (promotion) terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi linear berganda, populasi dalam penelitian ini berjumlah 3.988 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus Hair yaitu untuk mendapatkan ukuran goodness of fit yang baik, maka sampel diperoleh sebanyak 200 responden yang telah memenuhi kriteria yang telah ditentukan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan Uji F, Uji T dan Koefisien Determinasi yang sebelumnya data telah di uji menggunkan uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik. Pengolahan data menggunakan program SPSS 26 For Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial produk (product), tempat (place) dan promosi (promotion) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar sedangkan harga (price) tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar. Secara simultan bauran pemasaran (marketing mix) 4P yaitu produk (product), harga (price), tempat (place), promosi (promotion) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar. Koefisien determinasi yang disesuaikan (adjusted R2) yang berarti produk (product), harga (price), tempat (place), promosi (promotion) mampu memberikan konstribusi sebesar 62,9% terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, sementara sisanya sebesar 37,1% ditentukan oleh variabel-variabel lain diluar model penelitian ini. Hal ini menunjukkan bahwa masih terdapat variabel-variabel lain yang dapat menjelaskan Keputusan Memilih.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Produk, Harga, Tempat, Promosi, Keputusan Memilih
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5410 Marketing. Distribution of products
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 06 Aug 2025 07:53
Last Modified: 06 Aug 2025 07:53
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64900

Actions (login required)

View Item
View Item