ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS X MIPA SMA NEGERI 18 MEDAN TAHUN AJARAN 2023/2024

Samosir, Giovanni Sri Devi (2024) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS X MIPA SMA NEGERI 18 MEDAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4173341028_Cover.pdf] Text
4173341028_Cover.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of 4173341028_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4173341028_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (134kB)
[thumbnail of 4173341028_Abstrak.pdf] Text
4173341028_Abstrak.pdf

Download (531kB)
[thumbnail of 4173341028_Kata_Pengantar.pdf] Text
4173341028_Kata_Pengantar.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of 4173341028_Daftar_Isi.pdf] Text
4173341028_Daftar_Isi.pdf

Download (77kB)
[thumbnail of 4173341028_BAB_I.pdf] Text
4173341028_BAB_I.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of 4173341028_BAB_II.pdf] Text
4173341028_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[thumbnail of 4173341028_BAB_III.pdf] Text
4173341028_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB)
[thumbnail of 4173341028_BAB_IV.pdf] Text
4173341028_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (483kB)
[thumbnail of 4173341028_BAB_V.pdf] Text
4173341028_BAB_V.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 4173341028_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4173341028_Daftar_Pustaka.pdf

Download (135kB)
[thumbnail of 4173341028_Lampiran.pdf] Text
4173341028_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa kelas X MIPA SMA Negeri 18 Medan pada materi Pencemaran Lingkungan tahun pembelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan sampel penelitian berjumlah 70 siswa dari kelas X MIPA 3 dan 4 yang diperoleh melalui teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui tes tertulis kemampuan berpikir kritis yang mencakup lima indikator menurut Finken dan Ennis (1993), yaitu memberikan penjelasan dasar, membangun keterampilan dasar, menarik kesimpulan, memberikan penjelasan lanjut, dan mengatur strategi dan taktik. Teknik analisis data dilakukan dengan deskriptif statistik meliputi analisis gejala pusat dan distribusi frekuensi. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa secara keseluruhan berada pada kategori kurang kritis, dengan rata-rata skor 50 dari skala 100. Dari lima indikator berpikir kritis yang diukur, indikator mengatur strategi dan taktik serta memberikan penjelasan lanjut memiliki penguasaan terendah, sedangkan indikator memberikan penjelasan dasar memiliki penguasaan tertinggi, meskipun masih dalam kategori kurang kritis. Temuan ini mengindikasikan perlunya upaya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa, terutama melalui penerapan strategi pembelajaran yang tepat, pemanfaatan media dan sumber belajar yang interaktif, serta pemberian pengalaman belajar yang menantang siswa untuk berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 577 Sam a
Keywords: Berpikir kritis; Pencemaran lingkungan; Pembelajaran biologi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 06 Aug 2025 09:31
Last Modified: 06 Aug 2025 09:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64885

Actions (login required)

View Item
View Item