PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X IPA SMAN 1 GIRSANG SIPANGAN BOLON T.P. 2023/2024

Sihombing, Gabriel Natali (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X IPA SMAN 1 GIRSANG SIPANGAN BOLON T.P. 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203141058_Cover.pdf] Text
4203141058_Cover.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of 4203141058_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203141058_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (464kB)
[thumbnail of 4203141058_Abstrak.pdf] Text
4203141058_Abstrak.pdf

Download (281kB)
[thumbnail of 4203141058_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203141058_Kata_Pengantar.pdf

Download (451kB)
[thumbnail of 4203141058_Daftar_Isi.pdf] Text
4203141058_Daftar_Isi.pdf

Download (303kB)
[thumbnail of 4203141058_BAB_I.pdf] Text
4203141058_BAB_I.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of 4203141058_BAB_II.pdf] Text
4203141058_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB)
[thumbnail of 4203141058_BAB_III.pdf] Text
4203141058_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (554kB)
[thumbnail of 4203141058_BAB_IV.pdf] Text
4203141058_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (469kB)
[thumbnail of 4203141058_BAB_V.pdf] Text
4203141058_BAB_V.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of 4203141058_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203141058_Daftar_Pustaka.pdf

Download (260kB)
[thumbnail of 4203141058_Lampiran.pdf] Text
4203141058_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar dan aktivitas belajar peserta didik pada materi ekosistem di kelas X IPA SMAN 1 Girsang Sipangan Bolon T.P. 2023/2024. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Non-equivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yakni kelas X IPA
1 (Kelas Eksperimen) dengan model pembelajaran PBl dan X IPA 2 (Kelas Kontrol) dengan pembelajaran Konvensional. Pengumpulan data dengan tes dan non tes. Instrument tes digunakan untuk mengukur hasil belajar peserta didik berupa 20 soal pilihan berganda, sedangkan instrument non tes digunakan untuk mengukur aktivitas peserta didik berupa lembar observasi aktivitas belajar. Data rata-rata pretest dan posttest hasil belajar pada kelas eksperimen masing masing adalah 33,75 dan 80,42, dan pada kelas kontrol 32,92 dan 70,42. Sedangkan untuk rata-rata aktivitas belajar peserta didik kelas eksperimen yaitu 70,6 dan pada kelas kontrol 48,6. Dari pengujian statistik diperoleh nilai sig (0,000)<α (0,05) untuk hasil belajar dan sig (0,000)< α (0,05) untuk aktivitas belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) memberikan pengaruh yang signifikan pada hasil belajar dan aktivitas belajar peserta didik paada kelas eksperimen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 577 Sih p
Keywords: Problem based learning; Ekosistem; Hasil belajar; Aktivitas belajar; Peserta didik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 06 Aug 2025 03:51
Last Modified: 06 Aug 2025 03:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64880

Actions (login required)

View Item
View Item